Tiga Pasar Tradisional Surabaya Terbesar dan Terlengkap

Tiga Pasar Tradisional Surabaya Terbesar dan Terlengkap

Yuk, di share :
5
(2)

Surabaya-Pasar merupakan tempat berkumpulnya penjual dan pembeli. Dagangan – dagangan yang diperjualbelikan di pasar umumnya adalah bahan – bahan Makanan, Barang Pecah belah ataupun pakaian. Surabaya merupakan kota yang mempunyai banyak pasar tradisional. Tiga Pasar tradisional Surabaya terbesar dan terlengkap diantarannya pasar Wonokromo (DTC Wonokromo) , Pasar Kapasan , Dan Pasar Turi.

Tiga Pasar Tradisional Surabaya Terbesar dan Terlengkap
pasar DTC Wonokromo
  1. Pasar Wonokromo

Pasar wonokromo berdiri sejak tahun 1920. Pasar womokromo merupakan salah satu pasar tertua di Surabaya. Dan indonesia. Pasar yang melegendaris ini dipugar dari tahun ke tahun.

Hingga pernah terjadi kebakaran hebat pada tanggal 26 Mei 2002. Kebakaran ini menghanguskan sekitar 3.200 kios. Dan kerugian diperkirakan hingga ratusan juta rupiah. Setelah itu dibangunlah kembali pasar Wonokromo oleh pemerintah kota Surabaya dan di beri nama Darmo Trade Centre.

DTC Wonokromo menjadi pasar modern di bawah penanganan PD Pasar Surya. Pasar ini terdiri dari 5 Lantai yang di peruntukkan untuk Mall DTC. Dan 1 lantai paling bawah dan lantai underground digunakan untuk pasar Wonokromo. Bekas pedagang wonokromo yang kiosnya terbakar sebelumnya.

2. Pasar Kapasan

Pasar kapasan terletak di jalan kapasan Surabaya. Pasar kapaaan termasuk pasar tradisional semi modern. Karena mempunyai bangunan 3 lantai yang besar.

Pasar grosir ini menjadi pusat kulakan pedagang – pedagang yang tersebar di semua daerah bahkan dari luar kota dan luar pulau. Pasar Kapasan lebih fokus menjual pakaian. Semua jenis baju, celana, hingga perlengkapan anak semua ada di sini. Karena pasar kapasan adalah pasar grosir jadi barang – barang di sini tidak dijual satuan.

BACA JUGA  Pasar Kapasan Tempat Grosir Pakaian Di Surabaya

Sebagai contoh untuk kaos anak minimal harus beli 3 pcs tentunya dengan harga grosir dan lebih murah.

3. Pasar Turi

Pasar Turi adalah pasar kulakkan Terbesar di Surabaya. Pasar ini juga pernah terbakar dan menghanguskan hampir seluruh kios di sana.

Sebelum terbakar pasar turi menjadi pusat kulakkan semua product dan barang dari tengkulak – tengkulak dari luar kota. Pasar Turi ini sangat lengkap dan semua barang kebutuhan ada di sini. Pasar Turi menjadi Pusat grosir semua product dalam negeri dan product – product UKM.

Tetapi semenjak Pasar Turi kebakaran. Dan dibangunkan pasar sementara oleh pemerintah untuk menampung pedagang yang kios nya kebakaran. Pasar ini menjadi sepi. Bahkan setelah Pasar Turi dibangun kembali dengan yang baru yang dibangun modern dan dijadikan Mall, kios – kiosnya banyak yang tutup. Daya tarik pasar Turi telah sirna seiring berubahnya bangunan yang dulunya memiliki keunikan dan kebesaran Dengan keramaiannya yang khas. Ssmoga suatu saat pasar turi kembali ramai seperti saat sebelum kebakaran.

Itulah tiga pasar tradisional terbesar dan terlengkap yang meramaikan geliat ekonomi warga Surabaya. TERIMA KASIH. PASAREXTRA

5 / 5. 2