Home | Teknologi Yu – Ngantri Karya Anak ITB dapat Mendeteksi Jarak Antar Orang

Teknologi Yu – Ngantri Karya Anak ITB dapat Mendeteksi Jarak Antar Orang

Pandemi bukan menjadi penghalang untuk berinovasi. Seperti Inovasi karya anak bangsa yang di beri nama Yu – Ngantri ini. Salah satu perguruan tinggi ternama yaitu Institut Teknologi Bandung atau ITB juga tidak mau ketinggalan. Teknologi Yu – Ngantri Karya anak ITB dapat mendeteksi jarak antar orang. Mereka menciptakan dan mengembangkan sistem pemantau jaga jarak. Sistem akan memberi peringatan kepada objek yang jarak antar user terlalu berdekatan.

Sistem ini dinamakan Yu – Ngantri. Yaitu sistem pemantau jaga jarak yang memanfaatkan sistem komputer vision yang terdiri dari camera, komputer dan monitor. Sistem dikembangkan para peneliti ITB sekitar 2 bulan yang lalu.

BACA JUGA :  Kronologi Kecelakaan Di Raya Trosobo Dekat SMA YPM 4 Bringin

Yu – Ngantri mampu mendeteksi jarak antar orang yang berdekatan dan sistem akan mengelolanya dan membuat sebuah laporan otomatis yang mereka unggah melalui internet. Sistem ini diklaim dapat mendeteksi orang sebanyak mungkin dengan kamera yang lebih banyak.

Teknologi Yu - Ngantri Karya Anak ITB dapat Mendeteksi Jarak Antar Orang

Cara kerjanya pun cukup sederhana. Saat beberapa kamera yang di pasang di sebuah ruangan mendeteksi obyek atau orang yang berada di dalamnya maka sistem yang ada di komputer akan mengukur jarak antar obyek dan akan memberi peringatan lewat layar monitor jika jarak mereka saling berdekatan. Tidak hanya itu sistem juga akan menghitung jumlah obyek yang ada di ruangan sehingga akan memberi informasi semua obyek kepada orang lain di layar monitor mengenai batas maksimal ruangan dan jumlah user yang ada di dalamnya. Sehingga orang yang berada di luar tidak diperkenankan masuk karena batas maksimal sosial distancing telah terlampaui.

BACA JUGA :  Perkembangan Teknologi Membawa Ekosistem Baru Bagi Ekonomi Kreatif

Camera yang dipasang bisa menjangkau ruangan 5 x 9 meter dengan kata lain sebuah obyek bisa terdeteksi kamera selama di dalam ruangan yang luasnya 5 x 9 meter.

Yu – Ngantri sekarang terpasang di Badan Zakat Nasional di Jakarta. Menurut Emir Maulidi Husni selaku dosen Teknik Elektro ITB menjabarkan Sensor yang di gunakan sistem Yu – Ngantri adalah Kamera. Lalu kamera akan menangkap gambar dan diolah oleh komputer dan mendeteksi orang, jarak dan koordinat di mana posisi orang tersebut. Setelah itu sistem akan menghitung jarak antar orang. Jika jarak antar orang sudah terlalu berdekatan maka akan keluar suara peringatan pelanggaran sosial distancing. Alat ini di kembangkan lebih kompleks dan kedepannya akan menjangkau semua ruang publik di masa Pandemi seperti ini.

BACA JUGA :  Mengapa Negara Maju Lebih Banyak Kasus Covid - 19

Jadi dengan sistem ini kita akan bisa mengatur rute orang lain harus lewat mana agar tidak terkena pelanggaran jaga jarak di masa Pandemi Covid – 19 ini.

Diharapkan alat ini bisa dipasang di semua ruang publik di Indonesia agar penerapan sosial distance dapat diterapkan secara maksimal. Pasarextra