Home | Sumur Mirip Spillway yang Berada Di Tengah Sungai Telah Menggegerkan Warga Probolinggo

Sumur Mirip Spillway yang Berada Di Tengah Sungai Telah Menggegerkan Warga Probolinggo

Sumur mirip spillway yang berada di tengah sungai telah menggegerkan warga Probolinggo.Sumur ini sempat viral di media sosial dan televisi. Sumur yang terletak di kabupaten Probolinggo ini sekarang ramai dikunjungi masyarakat yang penasaran. Banyak yang berspekulasi dan mendengar kabar dari masyarakat, bahwa sumur di tengah sungai ini airnya akan mengalir tembus di Laut Utara sejauh 15 Km.

Tidak ada yang aneh dengan sumur ini. Menurut dinas pengairan kabupaten Probolinggo. Sumur tersebut merupakan saluran air untuk mengairi sawah yang berada di seberang jalan.

BACA JUGA :  Motif Dan Kronologi Pembunuhan Serta Mutilasi Di Apartemen Kawasan Pasar Baru Jakarta Pusat

Sumur ini tepatnya terletak di desa Sumber Wuluh, kecamatan Tegal Siwalan kabupaten Probolinggo. Sumur ini mulai ramai dikunjungi warga sejak viral di media sosial. Banyak warga penasaran dengan fenomenal sumur ini.

Apalagi beredar kabar burung di masyarakat yang di bumbui cerita mistis. Bahwa aliran air yang masuk kedalam sumur ini menuju ke laut Utara dengan jarak sekitar 15 Km.

Sumur Mirip Spillway yang Berada Di Tengah Sungai Telah Menggegerkan Warga Probolinggo

Fifian salah satu warga yang mengunjungi sumur ini terheran – heran, ia merasa aneh mengapa ada sumur di tengah – tengah sungai.

BACA JUGA :  Kapasitas Penumpang 50% Harus Dipatuhi Maskapai Penerbangan

Menanggapi fenomenal sumur di tengah sungai ini. Petugas dinas pengairan setempat menjelaskan jika lubang mirip spilway tersebut merupakan peninggalan kolonial belanda. Sedangkan arah dari air yang masuk kedalam sumur, yaitu ke sebrang jalan untuk mengairi sawah di 3 kecamatan, yaitu Tegal Siwalan, Dringu dan Leces.

Tujuan Belanda menbangun sumur ini adalah untuk mengairi sawah yang berada di seberang jalan. Sehingga semua sawah di beberapa desa bisa teraliri air dengan baik.

BACA JUGA :  Sindikat Prostitusi Online Dibongkar Kepolisian Tanggerang 8 PSK Diciduk

Halmidi salah satu petugas Dinas Pengairan Kabupaten Probolinggo mengatakan “saat air masuk ke sumur, maka air di dalam itu akan mengairi sawah di sebrang sungai ini pak, lalu ke sawah di daerah Leces sana itu pak.”terang Halmidi.

Dengan demikian kabar burung yang katanya air sumur ini bisa tembus ke laut utara dipastikan tidak benar alias hoax. Terlebih di desa tersebut terdapat aliran sungai berasal dari lubang mirip sumur berdiameter 4 meter dan kedalaman 5 meter. pasarextra.com