Home | Siklon Tropis Seroja Terjang NTT Pertama Kali Melanda Daratan

Siklon Tropis Seroja Terjang NTT Pertama Kali Melanda Daratan

Aktifitas di Nusa Tenggara timur belum normal. Setelah dilanda angin kencang dan banjir akibat siklon tropis seroja. Badan BMKG mengatakan siklon tropis seroja yang terjang Kupang NTT baru pertama kali di daratan Indonesia.

Siklon Tropis seroja yang melanda Kupang Nusa Tenggara Timur baru pertama kali terjadi di daratan indonesia. Menurut kepala BMKG Dwi Koritra Ratnawati, siklon tropis biasanya terjadi hanya di laut. tidak sampai daratan.

menurut Dwi Korita sejak tahun 2008 lalu sudah ada 10 siklon tropis yang terbentuk di perairan Indonesia. Bahkan sejak tahun 2017 lalu siklon tropis di Indonesia sudah terjadi 2 kali setiap tahun. Untuk yang terjadi tahun ini siklon yang terbentuk memiliki kekuatan yang lebih besar dan bisa masuk hingga daratan.

BACA JUGA :  Sekolah Tatap Muka Segera Dilakukan, Bagaimana Persiapannya?

Sementara aktifitas di kupang paska siklon tropis seroja pun belum normal. Hingga Sabtu pagi warga Kota Kupang masih kesulitan mencari bahan bakar. karena langkahnya SPBU yang beroperasi di kota Kupang.

Warga masih berfokus membersihkan jalanan yang tertutup reruntuhan pohon. Selain jalanan, pohon – pohon pun banyak menimpa rumah warga. Di flores timur kondisi pemukiman masih porak poranda. Kerusakan dan sisa sampah akibat banjir bandang masih berserakan.

BACA JUGA :  Investasi Pasar Modal Di Saat Masa Pandemi Hingga New Normal

Pemerintah dan warga ber-gotong – royong untuk membersihkan sejumlah jalan akibat tertutup puing – puing bangunan akibat terseret banjir. Mereka pun masih mencari barang – barang yang masih bisa diselamatkan dari banjir.

Berdasarkan siaran Pers BNPB hingga selasa siang sebanyak 11 kabupaten kota di NTT terkena dampak banjir. Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, hingga kini jumlah korban meninggal dan hilang masih fluktuatif.

BACA JUGA :  Tersangka Penganiaya Seorang Perawat Di Palembang Meminta Maaf

Meski begitu pemerintah tidak menetapkan status darurat nasional di wilayah NTT dan NTB. Menurut Doni, proses pemerintahan daerah di wilayah ter-dampak bencana masih bisa diselenggarakan dan tidak lumpuh.

Status darurat bencana alam bisa ditetapkan ketika proses pemerintahan daerah di daerah tersebut ter-dampak dan lumpuh total. Sehingga membutuhkan dukungan pemerintah pusat. pasarextra.com