Pimpri Chinchwad Adalah Kota Industri Di India Dengan Pengolahan Sampah Terbaik
|

Pimpri Chinchwad Adalah Kota Industri Di India Dengan Pengolahan Sampah Terbaik

Yuk, di share :
0
(0)

Pimpri Chinchwad Adalah Kota Di India Dengan Pengolahan Sampah Terbaik. Pimpri Chinchwad adalah salah satu kota India yang dipenuhi industri. Kawasan pabrik menarik ribuan orang dari kawasan lain di India, dan sebagian besar tinggal di kawasan pemukiman ilegal seperti ini. Setiap pagi pekerja dari sebuah kelompok perempuan di Gawli Nagar berangkat mengumpulkan sampah dengan sebuah kendaraan kecil.

Ini bukan sekedar pekerjaan. Mereka juga ingin mengubah cara orang mengatasi sampah warga. Setiap hari mereka mengumpulkan hampir 350 kg sampah basah dari komunitas, dan sekitar 550 kg sampah kering, misalnya kertas dan plastik. Berkat upaya kelompok ini, warga sekitar kini tahu cara memilah sampah dan menyiapkannya untuk dijemput. Biru untuk sampah kering, dan hijau untuk sampah basah. Sampah kemudian dibawa ke tempat penampungan ini, dan kemudian dipilah lagi oleh anggota grup perempuan lainnya.

Awalnya sangat sulit untuk meyakinkan orang untuk memberikan sampah yang sudah dipilah. Mereka akan menampik dan menghardik, ‘Tidak bisa menempatkan dua tempat sampah di rumah yang kecil.’ ‘Apa kami buang saja di rumah kamu?’ Jadi saya jawab, ‘Kalau dengan begitu komunitas jadi bersih,’ ‘silakan buang di rumah saya’ Grup perempuan yang dipimpin Mangal didirikan tahun 2015. Tujuannya adalah menciptakan pemasukan bagi perempuan lewat pekerjaan yang memperbaiki kondisi hidup di komunitasnya. Sekarang, sebuah perusahaan milik pemerintah yang membayar gaji mereka. Karena pekerjaan mereka dianggap layanan bernilai tinggi bagi kota.

BACA JUGA  Bapak Di Medan Ijin Cuti Ibadah Haji Malah Ditawari Pensiun Ini Sebabnya

Mereka melakukan sesuatu yang baik dan ‘terhormat’ dan tidak layak dianggap enteng. Ini juga berdampak pada semakin bersihnya kawasan kumuh. Sampah dari sana terpilah. Pupuk yang dihasilkan dari sampah basah bisa digunakan untuk taman-taman kami, dan kami menjualnya di bawah merek “harit” dalam kantong kemasan satu, dua dan lima kilogram. Pekerjaan kaum perempuan ini punya tujuan lebih besar lagi, yaitu mengubah Pimpri Chinchwad menjadi kota tanpa limbah. Sebagai pusat industri yang berada di bawah pemerintahan paling kaya di India, kawasan ini punya dana untuk mencapai tujuan itu.

Para pakar menyambut baik inisiatif itu, tapi memperingatkan untuk mengubah seluruh kota perlu upaya lebih besar lagi. Caranya, kita menanggapi manajemen sampah sebagai tanggung jawab distrik sepenuhnya. Kemudian melakukan transisi bertahap di mana kita menanggapi sampah sebagai tanggung jawab masyarakat, di mana penghasil sampah juga bertanggung jawab bagi manajemen sampah. Saya pikir transisi bertahap itu sudah berjalan sekarang di kota-kota India, dan saya melihat perkembangan di Pimpri-Chinchwad sangat sejalan dengan transisi ini. Pemukim di kawasan itu, baik tua maupun muda mengubah kebiasaan mereka membuang sampah. Apakah ini langkah kecil dalam lingkup yang lebih besar? Tentu saja. Tapi dampak positifnya sangat jelas.

0 / 5. 0