Home | Peran Turki di Afghanistan Hingga Taliban Melunak

Peran Turki di Afghanistan Hingga Taliban Melunak

Peran Turki Di Afghanistan Hingga Taliban Melunak

Sebelum Afghanistan jatuh kembali kepada Taliban, Turki memang sangat berperan aktif dalam meningkatkan ekonomi dan pembangunan Afghanistan. Ini yang menyebabkan peran Turki sangat penting di Afghanistan hingga Taliban Melunak dan mau berkerja sama dengan negara dengan mayoritas Muslim tersebut.

Menurut berita VOA Indonesia, Kevakuman di Afghanistan akibat penarikan pasukan Amerika Serikat memunculkan peluang bagi negara lain untuk berperan. Dan Turki sudah melakukannya. Diawali dengan pengendalian bandara di Kabul sepeninggal pasukan Amerika Serikat.

BACA JUGA :  Pemerintah Malaysia Akan Memberikan Intensif Kepada Warganya Akibat Pandemi Covid - 19

Pengendalian bandara Kabul hanyalah salah satu contoh peran aktif Turki di Afghanistan. Bersamaan dengan penarikan pasukan Amerika serikat dari Afghanistan. Amerika serikat juga memindahkan misi diplomatiknya dari Kabul ke Doha Qatar.

Qatar sendiri menjadi negara penghubung antara pemerintah Afghanistan dengan Taliban maupun Amerika Serikat sebelum Afghanistan jatuh kembali ke pangkuan Taliban.

BACA JUGA :  Minibus vs Truk Tronton Di Tol Cipularang Membuat 3 Orang Meninggal Dunia

Kini kedua negara diperkirakan kembali berperan aktif dan ini disadari presiden Turki Recep Tayib Erdogan.

Perusahaan – perusahaan konstruksi Turki juga sudah aktif di Afghanistan sebelum mengambil alihan oleh Taliban. Sedangkan Qatar bisa menjadi sumber pendanaan di Afghanistan. Menurut pejabat Taliban kepada koran Turki baru – baru ini. Tapi ambisi Turki di Afghanistan ini dipertanyakan sebagian analis. Apakah yang dilakukan Turki benar – benar akan menjadikan Afghanistan menjadi negara yang berkembang pada situasi krisis di Afghanistan.

BACA JUGA :  Diduga Karena Konsleting Listrik Pasar Baru Kota Bekasi Kebakaran

Erdogan sendiri juga sudah dekat dengan presiden Rusia Fladimr Putin dan sering bekerja sama menghadapi konflik regional lain termasuk Suriah. Kerja sama ini akan bisa diperluas di Afghanistan.

Tapi kedekatan Turki di bawah Erdogan dengan Rusia hingga pembelian rudal Rusia oleh Turki mencemaskan sekutu – sekutunya di NATO.