Home | Penjualan Hewan Liar Tomohon Tetap Berjalan Di Tengah Wabah Covid – 19

Penjualan Hewan Liar Tomohon Tetap Berjalan Di Tengah Wabah Covid – 19

Penjualan Hewan Liar Tomohon Tetap Berjalan Ditengah Wabah Covid - 19

MANADO-Wabah virus corona ternyata tidak mempengaruhi pasar hewan liar di Tomohon Menado Sulawesi Utara. Penjualan hewan liar Tomohon tetap berjalan di tengah wabah covid – 19. Padahal, virus corona dan virus – virus yang lain sejatinya di tularkan oleh hewan – hewan liar seperti kelelawar, ular ataupun babi hutan. Salah satu pasar yang menjual daging tersebut yaitu pasar beriman Tomohon.

Adanya kasus covid – 19 ini tidak mempengaruhi warga Manado untuk mengkonsumsi daging hewan liar.Ketua komisi III DPRD Miki Jumita meminta masyarakat untuk sementara waktu berhenti mengkonsumsi daging hewan yang diduga sebagai penyebab penyebaran virus corona diantaranya kelelawar dan ular.

BACA JUGA :  Akibat Virus Corona pasar Di Surabaya Sepi Pembeli

Salah satu pedagang hewan liar di pasar beriman mengatakan penjualan tetap lancar seperti ular, paniki, dan babi hutan. Jika ular sudah laku 4-5 ekor per hari, sedangkan paniki laku hingga 45 kg perhari, bahkan babi hutan laku hingga 100 kg perhari.

Virus yang bermula dari pasar hewan liar Wuhan Cina ini diduga menjangkiti manusia dari kelelawar yang dibawa oleh trenggiling.Hingga manusia kontak dengan hewan tersebut dan covid – 19 akan masuk kedalam tubuh melalui mulut atau hidung.

BACA JUGA :  Pengertian Pasar, Contoh dan Macam - Macamnya

Tomohon Manado memang terkenal dengan pasar hewannya. Terutama yang dijual adalah hewan – hewan liar. Pasar hewan liar tomohon menjual kelelawar, babi hutan, paniki, ular trenggiling bahkan anjing liar yang sudah disembelih dan diasapi agar awet dan tidak cepat busuk.

Pasar hewan Tomohon dahulu sering berpindah pindah, dari tahun 1852 yang berasal dari kota tua Nimawanua, lalu berpindah lagi di Paslaten lokasinya dekat dengan bekas gudang kopi paslaten pada tahun 1913.

BACA JUGA :  Hobi Bercocok Tanam Mulai Marak Harga Tanaman Hias Menjadi Mahal Saat Ini

Terus yang ke tiga berpindah lagi di dekat stasiun telegraf marconi. Yang juga digunakan sebagai penjara anjing pada tahun 1928. Pasar Tomohon terakhir dipindah pada tahun 1979 yang lokasinya kini menjadi taman kota dekat terminal beriman masih di daerah Paslaten.

Walaupun saat ini penjualan hewan liar tomohon tetap berjalan di tengah wabah covid – 19 Tetapi tetap dijaga strelisasi dan perlindungan oleh pemerintah kota Manado. Para pedagang diperintahkan selalu memakai masker dan selalu cuci tangan untuk menghindari virus dan bakteri.

TERIMA KASIH. PASAREXTRA