Home | Pengertian Sereal Yang Berawal dari Kata Serealia Yang Berarti Biji Bijian

Pengertian Sereal Yang Berawal dari Kata Serealia Yang Berarti Biji Bijian

Pengertian Sereal Yang Berawal dari Kata Serealia Yang Berarti Biji Bijian

Siap nih yang pernah makan sereal? . Saat kita membeli sereal di supermarket terdekat maka di benak kita akan merasa bahwa sereal ini berasal dari olahan tepung yang di cetak sehingga seperti kerupuk atau snack. Tidak ada ubahnya seperti Snack jagung, atau stick. Tetapi sereal ini lain. Pengertian Sereal yang berawal dari kata Serealia yang berarti Biji – bijian. Serealia di ambil dari bahasa Romawi (Ceres) yaitu dari nama Dewi Pertanian menurut kepercayaan bangsa Romawi. Sereal merupakan tanaman yang diambil bijinya sebagai sumber karbohidrat dan protein.

Tanaman Sereal atau serealia yang termasuk berjenis padi – padian seperti padi, sorgum, jagung, gandum, gandum hitam, gandum durum, jelai dan haver ini adalah sereal utama yang sering di konsumsi oleh manusia.

Jenis sereal lain yang juga sering di konsumsi oleh masyarakat di dunia adalah tef, zizania, buckwheat, kinoa, dan jali.

BACA JUGA :  Asal Usul Salad Dari Yunani Kuno Hingga Indonesia

Ada juga sereal yang di konsumsi oleh hewan ternak maupun burung seperti milet dan jewawut. Milet juga di golongkan dari beberapa jenis yaitu Milet mutiara, jewawut, prodi dan karakan. Tetapi jenis milet ini juga bisa di konsumsi oleh manusia yang tersebar di daerah Asia Selatan dan Afrika.

Dalam mengkonsumsi sereal biasanya dicampuri oleh susu, baik itu susu skim freshmilk atau susu Full Cream. Sereal bisa larut dalam susu hingga menjadi seperti bubur seperti gandum atau buckwheat.

Untuk mendapatkan sereal sobat snackers bisa membelinya di supermarket – supermarket besar yang biasanya terpisah dengan susunya. Karena sereal ini sudah diolah sedemikian rupa hingga bisa di konsumsi langsung. Seperti Snack – Snack yang ada. Tetapi akan lebih nikmat jika mencampurnya dengan susu.

BACA JUGA :  Sunday Bowl Cereal Club Cafe Sereal Unik Di Bandung
Pengertian Sereal Yang Berawal dari Kata Serealia Yang Berarti Biji Bijian

Kandungan sereal sangat banyak hampir bisa menggantikan nasi dan lauknya bagi masyarakat Indonesia. Karena kandungan karbohidrat, protein dan lemak sangat tinggi. Ada kandungan mineral dan vitaminnya juga. Jika dikonsumsi dengan susu maka kandungan gizi dari sereal ini semakin lengkap. Itu sebabnya makan sereal dicampur susu di pagi hari sudah bisa menggantikan sarapan kita yang biasanya mengkonsumsi padi.

Tapi sayangnya masyarakat di Indonesia tidak terlalu tertarik atau mungkin tidak terbiasa makan sereal ini. Padahal di luar negeri atau daratan Eropa mengkonsumsi sereal sudah merupakan makanan pokok bagi mereka. mungkin karena lidah Orang Indonesia sudah terbiasa dengan nasi dan lauk pauknya seperti ikan, tahu dan tempe. Tetapi masih ada beberapa orang Indonesia yang menjadikan sereal ini sebagai makanan pokok mereka.

BACA JUGA :  Membuat Bubur Kacang Hijau Enak Dan Mudah

Di Indonesia berjualan sereal khusus dengan campuran susunya untuk di konsumsi yang dijadikan kedai atau cafe juga jarang. Tetapi di Bandung ada cafe khusus menjual berbagai macam sereal berikut susunya Namanya Sunday Bowl Cereal Club yang akan kami ulas dalam konten berikutnya.

Itulah pengertian sereal berikut jenis – jenisnya. Yuk ikutin terus ya pasarextra.com yang juga mengulas berbagai macam tempat cafe, kuliner dan wisata. Sobat bisa berlangganan ulasan – ulasan kami berikutnya dengan login melalu akun google sobat. Terima Kasih.