Home | Pengertian Pasar Modal Dan Manfaatnya Dalam Aspek Ekonomi

Pengertian Pasar Modal Dan Manfaatnya Dalam Aspek Ekonomi

Pasar modal adalah pasar tempat bagi perusahaan dan pemerintah untuk mendapatkan permodalan (pendanaan) selain Bank. Pengertian pasar modal dan manfaatnya dalam aspek ekonomi bisa di jabarkan sebagai berikut. Pasar modal adalah tempat bertemunya investor dan perusahaan yang akan menjual sahamnya, yang nantinya hasil dari penjualan saham tersebut bisa digunakan untuk mengembangkan perusahaan.

Saham adalah sebuah modal perusahaan yang bisa dijual untuk umum. Saham berupa lembaran satuan yang memiliki nilai atau harga. Sebagai imbal balik investor akan mendapatkan bagian dari laba perusahaan yang akan diberikan kepada pemilik saham. Imbal balik atau laba perusahaan yang diberikan kepada pemilik saham dinamakan deviden.

Besaran laba usaha yang diterima investor terhadap saham yang dimiliki perusahaan bergantung pada harga saham yang di beli. Jika harga saham mahal dan selalu naik dalam bursa saham, maka laba perusahaan yang ia dapatkan juga semakin besar.

BACA JUGA :  5 Investasi Besar Tanpa Modal Tetapi Bisa Sukses Pesat

Pasar modal sangat bermanfaat bagi masyarakat. Selain untuk meningkatkan ekonomi nasional. Pasar modal juga dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk dapat berkecimpung dalam pengelolaan perusahaan. Yaitu dengan kepemilikan saham demi transparasi perusahaan tersebut.

Pengertian Pasar Modal Dan Manfaatnya Dalam Aspek Ekonomi

Ada 5 manfaat Keberadaan Pasar Modal :

  1. Menyediakan alternatif sumber pendanaan bagi dunia usaha. ( Dengan adanya pasar modal, perusahaan – perusahaan yang ada di Indonesia memiliki alternatif baru dalam mendapatkan sumber dana kegiatan ekspansi selain pinjaman bank).
  2. Penyebaran kepemilikan perusahaan bagi masyarakat luas. (Dengan adanya pasar modal, terbuka kesempatan bagi masyarakat luas untuk turut serta memiliki perusahaan tersebut dengan jumlah dana yang relatif kecil. Dengan demikian, pendapatan yang diperoleh perusahaan juga dapat dinikmati oleh masyarakat luas yang memiliki saham perusahaan tersebut).
  3. Keterbukaan dan profesionalisme perusahaan yang menciptakan iklim usaha yang sehat. ( Perusahaan yang sahamnya telah dimiliki masyarakat luas, harus bersikap profesional dan terbuka. Perusahaan juga harus mempertanggungjawabkan dana masyarakat dengan cara bersikap terbuka dan menunjukkan kinerja yang baik. Sehingga akan tercipta iklim berusaha yang sehat ).
  4. Memberikan wahana investasi bagi investor. ( Dengan adanya pasar modal, masyarakat yang memiliki kelebihan dana dapat menginvestasikan uang tersebut dengan harapan dapat memperoleh tingkat pengembalian yang lebih tinggi, dibandingkan menabung di bank ).
  5. Menciptakan lapangan kerja/profesi yang ada di bidang pasar modal. ( Pasar modal mendorong industri tumbuh sehingga dapat menyerap tenaga kerja yang lebih banyak. Di samping itu, pasar modal sendiri menyediakan beragam profesi yang menarik, seperti analis, pialang (broker), akuntan publik, konsultasi hukum, manajer investasi. Dan profesi lainnya di pasar modal).
BACA JUGA :  Usaha Parsel Untuk Pasien Covid 19 Kini Marak Di Masyarakat

Itulah pengertian pasar modal dan manfaatnya dalam aspek ekonomi.Mungkin anda bisa mempertimbangkan. Investasi saham dan pasar modal. Jika anda memiliki dana lebih, untuk keuntungan jangka panjang tidak ada salahnya membeli saham di perusahaan sekuritas di bawah naungan BEI ( Bursa Efek Indonesia ). Pasarextra.com