Home | Pengertian Pasar, Contoh dan Macam – Macamnya

Pengertian Pasar, Contoh dan Macam – Macamnya

Pasar adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi jual beli barang dan jasa. Lebih lanjut inilah pengertian pasar, contoh dan macam – macamnya. Pasar dapat diperluas lagi. Yaitu terjadinya hubungan antara penjual dan pembeli baik secara langsung atau tatap muka (pasar tradisional, dan non tradisional atau pasar modern) maupun tidak langsung (lewat telepon, faksimile, media elektronik, media cetak dan internet). contoh yang sering kita temu adalah online shop.

Suatu tempat dapat kita katakan sebagai pasar jika memenuhi kriteria sebagai berikut :

  1. Ada calon penjual dan pembeli
  2. ada barang atau jasa yang hendak diperjualbelikan
  3. terjadinya proses tawar menawar

Berdasarkan barang yang diperjualbelikan pasar dapat dikelompokkan menjadi :

A. Pasar barang Konsumsi

Pasar barang konsumsi yaitu pasar yang menjual atau menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari – hari. Misalnya makanan, minuman dan pakaian. Yang termasuk pasar konsumsi adalah pasar hewan, pasar buah, pasar sembako dan masih banyak lagi.

B. Pasar barang produksi

Pasar barang produksi adalah jenis pasar yang memperjualbelikan barang – barang faktor produksi. Seperti barang baku industri, tenaga kerja dan peralatan lain yang semuanya merupakan sumber daya produksi yang dapat digunakan untuk memproduksi barang lain.

Berdasarkan Luasnya Kegiatan Atau Distribusi. Pasar dapat dikelompokkan sebagai berikut :

A. Pasar Lokal

Pasar Yang memperjualbelikan barang kebutuhan konsumen dan bertempat tinggal di sekitar pasar dan barang yang di perjual-belikan adalah hasil budi daya masyarakat sekitar.

BACA JUGA :  Harga Cabai Naik Akibat Hama Menjadikan Petani Gagal Panen

B. Pasar Daerah

Letaknya biasanya di ibu kota, kabupaten , pusat kota atau ibu kota provinsi. Pasar ini lebih besar dari pasar lokal. karena merupakan tempat jual beli konsumen satu daerah atau satu wilayah.

C. Pasar Nasional

Di wilayah yang lebih luas seperti negara pasar ini memperjualbelikan kebutuhan konsumen untuk satu negara. Contoh : yaitu bursa efek yang memperjualbelikan saham konsumen dalam negeri.

D. Pasar Internasional

Suatu negara tidak terlepas dari adanya perdagangan internasional. Perdagangan tersebut menuntut adanya tempat khusus yang mempertemukan para penjual dan pembeli dari berbagai negara. contoh pasar internasional adalah pasar tembakau di Bremen Jerman, dan pasar karet di New York Amerika Serikat.

Berdasarkan Ketersediaan barang yang diperjualbelikan. Pasar dapat dikelompokkan sebagai berikut :

A. Pasar Kongkret

Adalah pasar yang memperjual belikan barang dan barangnya ada di tempat tersebut. Setelah bayar barangnya dapat dibawa pulang. Contohnya yaitu pasar sehari – hari, pasar burung, pasar hewan, pasar sayur, pasar pakaian, pasar tekstil, toserba dan minimarket.

B. Pasar Abstrak

Pasar Abstrak adalah pasar yang memperjualbelikan barang, tetapi barangnya tidak ada di tempat tersebut. Contoh pasar Abstrak adalah pasar tenaga kerja, pasar obat – obatan. Pasar tembakau Di Bremen Jerman, Bursa Efek dan Bursa Saham.

Pengertian Pasar, Contoh dan Macam - Macamnya

Berdasarkan Waktu. Pasar dapat dikelompokkan sebagai berikut :

A. Pasar Harian

Pasar ini buka setiap hari dan menyediakan barang kebutuhan pokok.

B. Pasar Mingguan

Pasar yang aktifitas nya setiap minggu. Contoh pasar mingguan adalah pasar senin, pasar rabu dan pasar minggu.

BACA JUGA :  Akibat Virus Corona pasar Di Surabaya Sepi Pembeli

C. Pasar bulanan

Setiap pasar bulanan memiliki ciri khas tersendiri. Yaitu beroperasi sebulan sekali. Contoh pasar bulanan adalah pasar malam, atau pasar musiman.

D. Pasar Tahunan

Pasar ini biasanya diadakan karena adanya peristiwa tertentu yang diperingati setahun . Contoh pasar tahunan adalah Pekan Raya Jakarta, Pasar Agustusan, Dan Van Koven Fair Kanada.

Berdasarkan bentuk atau struktur pasar. Pasar dapat dikelompokkan sebagai berikut :

A. Pasar Sempurna

Di pasar ini biasanya para penjual dan para pembeli mengetahui dengan baik harga barang, jenis barang dan kualitas barang yang diperjualbelikan. Ciri lain pasar sempurna adalah :

A. pembeli dan penjual bebas berinteraksi untuk membeli atau menjual barang kepada siapapun.

B. Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen. yang berarti barang – barang yang dijual tersebut dapat saling mengganti satu barang dengan yang lainnya.

B. Pasar tidak sempurna

Selain pasar sempurna, ada juga pasar tidak sempurna. Pasar tidak sempurna adalah pasar yang tidak teeogainisir secara sempurna. Ciri – cirinya adalah :

  1. Pembeli dan penjual tidak mengetahui keadaan pasar dengan baik
  2. Pembeli dan penjual tidak bebas berinteraksi
  3. Barang yang diperjualbelikan bersifat heterogen. Apabila suatu pasar memiliki paling sedikit kriteria untuk menjadi sebuah pasar. Berarti pasar tersebut tergolong pasar tidak sempurna.

Pasar berdasarkan sifat pembentukan harga. Pasar dapat dikelompokkan sebagai berikut :

A. Pasar persaingan

Pasar yang pembentukan harganya dilakukan dalam persaingan antara permintaan dan penawaran disebut pasar persaingan. Contoh pasar persaingan jika permintaan naik dan penawaran tetap, maka harga akan naik. Sebaliknya jika permintaan turun sedangkan penawaran naik maka harga akan turun.

BACA JUGA :  Pasar Bersih Kalideres Jakarta Barat Mengalami Kebakaran Hebat

B. Pasar monopoli

Pasar yang harganya Ditentukan satu orang atau satu kelompok dinamakan pasar monopoli. Contohnya penentuan tarif listrik oleh PLN, Penentuan tarik telepon oleh Telkom, penentuan tarif air oleh PDAM.

C. Pasar duopoli

Pasar yang pembentukan harganya ditentukan oleh beberapa orang dan beberapa kelompok yang menguasai pasar dinamakan pasar duopoli.

D. Pasar oligopoli

Pasar yang pembentukan harganya ditentukan oleh beberapa orang atau beberapa kelompok yang menguasai penawaran terhadap penjual dinamakan pasar oligopoli. Contoh pasar oligopoli adalah pasar sepeda motor, pasar televisi dan pasar elektronik.

E. Pasar Monophon

Pasar yang pembentukan harganya dilakukan oleh 1 orang atau kelompok disebut pasar Monophon. Misalnya suatu wilayah terdapat perkebunan tembakau yang luas. Ternyata hanya satu perusahaan yang bersedia membeli tembakau tersebut sehingga perusahaan tersebut bisa menentukan harga sendiri

F. Pasar Duophon

Pasar yang pembentukan harganya ditentukan oleh 2 orang atau 2 kelompok pembeli yang menguasai pembelian tersebut dinamakan pasar duophon.

G. Pasar oligopsoni

Pasar yang pembentukan harganya ditentukan oleh beberap orang atau beberapa kelompok yang menguasai permintaan atau pembelian dinamakan pasar oligopsoni.

Itulah pengertian pasar, contoh dan macam – macamnya. Semoga bisa menambah wawasan untuk kita yang belajar mengenai pasar ini ya. Terima Kasih. Pasarextra.com