Home | Pengertian Deposito Singkat, Padat Dan Gamblang

Pengertian Deposito Singkat, Padat Dan Gamblang

Inilah pengertian deposito secara singkat, padat dan gamblang yang dijelaskan secara ringan dan mudah dimengerti. Mungkin anda sudah pernah menabung deposito, atau bahkan sudah bisa menikmati bunga deposito setiap bulan tanpa harus bersusah payah untuk bekerja. Tetapi pastinya tabungan deposito anda harus besar juga ya. Setidaknya sekitar 500 juta rupiah untuk dapat menikmati bunga deposito setiap bulan. Apakah Deposito itu dan bagaimana penjelasan-nya secara singkat dan ringan.

BACA JUGA :  Gunung Bromo Akhirnya Di Buka Kembali Setelah Tutup 6 Bulan

Deposito adalah simpanan yang pencairan-nya hanya dapat dilakukan pada jangka waktu tertentu dan dengan syarat – syarat tertentu. Jenis – jenis deposito dibagi menjadi tiga yaitu :

  1. Deposito Berjangka
  2. Sertifikat Deposito
  3. Deposito On Call
Deposito Berjangka

Deposito yang memiliki jangka waktu beragam, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan hingga 24 bulan atau 2 tahun. Deposito berjangka adalah jenis deposito yang banyak digunakan di Indonesia.

Pengertian Deposito Singkat, Padat Dan Gamblang
Sertifikat Deposito

Jenis sertifikat deposito hampir sama dengan deposito berjangka. Deposito ini memiliki penerapan jangka waktu yang berlaku. Salah satu perbedaannya adalah dari segi pencairan bunganya. Karena sertifikat deposito pencairan bunga dapat dilakukan di muka.

BACA JUGA :  Pengertian Pasar Saham Dan Sistem Kerjanya Dalam Aspek Ekonomi
Deposito On Call

Deposito yang satu ini adalah deposito yang berbentuk setoran. Untuk periode jangka waktunya adalah antara 7 hari sampai 30 hari. Deposito On Call diterbitkan atas nama pemilik. Jadi jenis deposito ini tidak dapat diperjualbelikan.

Deposito adalah pilihan investasi yang aman dan tidak ada resiko. Karena sama saja kita menyimpan uang pada bank yang terjamin. Hanya saja anda bisa melakukan penarikan pada jangka waktu tertentu dan dengan syarat tertentu.

BACA JUGA :  Pinjaman Online Harus Diwaspadai Ini Sebabnya

Besaran setoran awal deposito setiap bank berbeda – beda. Seperti Bank BCA misalnya, memberlakukan setoran awal deposito minimal 8 juta rupiah. Atau Bank BRI yang mengharuskan melakukan setoran awal minimal sebesar 10 juta rupiah. Pasarextra.com