Home | Pemerintah Memperbolehkan Shalat Terawih di Masjid Asalkan

Pemerintah Memperbolehkan Shalat Terawih di Masjid Asalkan

Kabar baik untuk seluruh umat muslim di tanah air. Karena berbeda dengan tahun lalu, tahun ini pemerintah memperbolehkan untuk shalat terawih di masjid. Tidak hanya sholat terawih, pemerinta juga memperbolehkan shalat ‘Id secara berjamaah. Walaupun pemerintah memperbolehkan shalat terawih di masjid, dan keluar rumah asalkan umat muslim harus mematuhi aturan dari pemerintah. Salah satunya adalah protokol kesehatan.

Bulan suci Ramadhan tinggal menghitung hari. Tahun lalu umat muslim di tanah air harus bersabar. Karena pemerintah tidak memperbolehkan shalat terawih maupun shalat ‘Id berjamaah di masjid, karena tingginya penularan virus corona di Indonesia.

Namun trahun ini umat muslim diperbolehkan shalat terawih dan shalat Idul Fitri berjamaah di luar rumah. Umat muslim harus memenuhi sejumlah syarat agar dapat shalat di luar rumah. Antara lain harus tetap menjaga protokol kesehatan, dan jamaah hanya terbatas pada komunitas lokal, atau pada lingkup komunitasnya sendiri.

BACA JUGA :  Fatwa MUI Tentang Shalat Idul Fitri Di Tengah Pandemi Covid - 19

Pemerintah juga meminta pelaksanaan shalat terawih berjamaah dengan durasi tidak terlalu lama. Muhajir Effendy selaku Menko PMK RI mengatakan “Jadi pada lingkup komunitas para jamaahnya memang sudah mengenal satu sama lain. Sehingga pemegang amanat tingkat RT dan RW tidak mengijinkan jamaah dari luar. Shalat jamaah ini dibuat sesimpel mungkin agar waktunya tidak panjang”.

BACA JUGA :  Hobi Bercocok Tanam Mulai Marak Harga Tanaman Hias Menjadi Mahal Saat Ini

Setelah pemerintah secara resmi memperbolehkan kegiatan ibadah shalat terawih di tengah pandemi Covid – 19, sejumlah masjid di ibu kota mulai bersiap. Seperti di masjid Jami’ Baitul Kharim yang berada di jalan keramat Raya Johar Baru Jakarta Pusat. Berbagai masjid melakukan persiapan agar senantiasa bersih dan nyaman untuk melaksanakan kegiatan ibadah shalat terawih.

BACA JUGA :  Graha TMII Akan Menampung Pasien Covid - 19 Berstatus Orang Tanpa Gejala
Pemerintah Memperbolehkan Shalat Terawih di Masjid Asalkan

Selain itu dengan warga sekitar secara bergotong – royong turut melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan cairan disinfektan di area masjid, seperti di bagian pintu dan tiang. Pengurus tempat ibadah mempersipakan peralatan seperti alat pengukur suhu tubuh, hand sanitizer serta masker demi memperlancar jalannya shalat terawih dan shalat ‘Id Berjamaah sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

Semoga para jamaah dapat menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Karena bersikap konsisten dan patuh adalah kunci untuk mangakhiri pandemi ini. Pasarextra.com.