Home | Pasar Wuhan awal Berdiri Hingga Jadi Pusat Pandemi

Pasar Wuhan awal Berdiri Hingga Jadi Pusat Pandemi

Pasar Wuhan mulai terkenal dan viral di seluruh dunia saat coronavirus diindikasi berasal dari kelelawar atau hewan liar yang di jual di pasar hewan atau pasar seafood Huanan Kota Wuhan yang terletak di provinsi Hubei dataran Cina.

Pasar Hewan Huanan Wuhan mulai ditutup. Virus Corona mulai menjalar ke mana – mana. Kota Wuhan Cina mulai menutup daerahnya. Dan akhirnya virus Corona mulai menular dari satu orang ke orang lain hingga ke seluruh dunia. Dan hampir semua negara tertular virus Corona yang mematikan ini.

Sebelum Wuhan menjadi pusat pandemi covid – 19 dan sebelum pandemi ini muncul. Bagaimana hiruk pikuk dan awal berdirinya pasar Wuhan, pasar hewan terbesar di Cina ini ?.

Wuhan adalah salah satu kota terbesar ke 7 di China dan ke 42 dunia. Wuhan berada di provinsi Hubei. Kota Wuhan berkembang pesat karena menjadi pusat industri, pusat ekonomi dan budaya di Cina Tengah. Letaknya yang strategis yaitu di dataran tengah Cina dan di lewati sungai terbesar yaitu sungai Yang-tze, membuat Wuhan juga menjadi pusat transportasi.

BACA JUGA :  Pasar Kumandang Keunikan Di Daerah Wonosobo

Karena menjadi pusat ekonomi menjadikan Wuhan daya tarik dari semua penduduk dataran Cina. Semua berbondong – bondong ke kota Wuhan untuk mengadu nasib. Hingga pada jaman dahulu Wuhan menjadi kota terbesar di Cina, Dan pada saat itu Wuhan juga di sebut Chicago in Cina. Dan Kota Wuhan pun akhirnya menjadi salah satu penduduk terpadat di Cina. Dan ini membuat Wuhan menjadi kota karya dan kota industri dengan beragam jenis pekerjaan. Dan salah satunya adalah perdagangan Hewan. Dan akhirnya berdirilah pasar hewan Huanan di Kota Wuhan.

Pasar Hewan Huanan Wuhan sebenarnya adalah pasar seafood yang menjual hewan – hewan laut seperti udang, lobster, ikan laut, cumi dan lain – lain.

BACA JUGA :  Pasar Mbrumbung Wisata Kuliner Digital Jawa Tengah

Lalu seiring berjalannya Waktu pedagang hewan pasar Wuhan mulai menjual hewan lain antara lain hewan ternak, hewan peliharaan dan hewan liar yang menjadikan Wuhan menjadi pasar hewan ekstrim di dunia.

Hewan liar yang dijual di pasar Huanan antara lain kelelawar, trenggiling, babi hutan, anjing, dan ular. Para pedagang menjualnya hidup – hidup atau mereka juga menyediakan tempat pemotongan hewan.

Di Pasar Huanan Wuhan ini pun banyak kuliner – kuliner makanan yang terbuat dari hewan – hewan liar dan serangga , seperti lipan, kalajengking, dan ulat, ada juga sup dari kelelawar.

Pasar Basah dengan berbagai jenis binatang dan kotoran hewan membuat Pasar Huanan menjadi tidak steril, kandang yang saling berdekatan dan kontak yang intens antara manusia dan hewan membuat penyebaran bakteri dan kuman tidak terbendung. Sistem sanitasi yang kurang, dan kurangnya menjaga kebersihan antar pedagang menjadikan sumber penyakit. Yang akhirnya Satu penyakit ,bakteri atau virus menjadi mudah menyebar antar satu orang dengan orang lain.

BACA JUGA :  Aman Berbelanja Di Pasar Tradisional Ini Tipsnya

Bagaimanapun pasar hewan tidak menjadi sebuah hal yang menakutkan. Asal bisa saling menjaga kebersihan antar pedagang, sistem sanitasi yang baik. Dan ada batas aman antara jarak manusia dan hewan untuk tidak berinteraksi. Dan yang paling penting pasar hewan tidak serta Merta menjual semua hewan.

Tetapi pasar hewan dianjurkan hanya menjual hewan – hewan peliharaan dan unggas atau hewan lain untuk di konsumsi. Tidak menjual hewan liar yang membawa banyak penyakit, virus dan bakteri yang membahayakan manusia. Terima kasih. PASAREXTRA.