Home | Pasar Manis Purwokerto Berkonsep Modern Ada Videotron Dan CCTV

Pasar Manis Purwokerto Berkonsep Modern Ada Videotron Dan CCTV

Purwokerto adalah kabupaten di daerah Jawa Tengah yang Masih banyak desa – desa tradisional yang berbeda dengan kota – kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Pasar nya pun masih banyak yang tradisional. Berbeda dengan di kota besar, pasar sudah di sulap menjadi mall – mall pusat perbelanjaan yang mungkin sudah jauh dari kesan tradisional. Tetapi tahukan anda, ternyata di Purwokerto ada pasar tradisional yang sudah kekinian loh. Namanya Pasar manis Purwokerto Berkonsep modern Bahkan terdapat Videotron berfungsi untuk informasi mengenai semua tentang pasar. Update pasar dan harga bahan pokok. Juga ada CCTV yang dipantau selama 24 jam.

BACA JUGA :  Pasar Pagi Wonosobo 800 Pedagang Tumpah Ruah Menjajakan Dagangannya

Pasar Manis Purwokerto yang terletak di Boyolali, Purwokerto Jawa Tengah dibangun pada tanggal 30 Juni 2020 dan peletakkan batu pertama dilakukan langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Dengan biaya anggaran tahap pertama yang sudah rampung sebesar 10 miliar rupiah.

Pasar Manis Purwokerto di bangun di atas lahan seluas 5.925 dan sanggup menampung sekitar 600 pedagang. Pasar yang sangat megah, bersih dan modern ini tidak seperti pasar – pasar tradisional pada umumnya yang menjual semua jenis dagangan campur aduk menjadi satu. Sehingga terkesan kumuh.

Pasar Manis Purwokerto Berkonsep Modern Ada Videotron Dan CCTV
Pasar Manis Purwokerto

Pasar Manis memakai sistem zonasi. Yaitu mengelompokkan barang – barang dagangan di zona masing – masing tempat. Dimana pedagang sayuran ditempatkan khusus di zona sayuran. Sedangkan pedagang buah juga bertempat khusus di area pedagang buah – buahan. Sedangkan terdapat juga zona khusus diantaranya tempat khusus jualan sembako, Zona khusus jualan roti kering, Snack, pakaian, perabot maupun zona khusus jasa servis, baik itu servis elektronik ataupun perbaikan kompor elpiji.

BACA JUGA :  Ulasan Pasar DTC Wonokromo Yang Melegenda

pedagang dan pembeli sangat nyaman berbelanja di pasar ini. Selain tempatnya yang terang dengan lampu – lampu LED yang banyak. Juga dagangan – dagangan yang di tata rapi oleh pedagang sehingga membawa kesan bersih dan membuat pembeli betah berlama – lama di pasar Manis. Bagi yang berbelanja dengan kuantitas banyak maka disediakan troli khusus seperti di supermarket. Proses pembayarannya pun bisa menggunakan sistem digital dengan kartu ATM atau pembayaran online. Juga terdapat papan – papan petunjuk arah dan area sehingga memudahkan pengunjung untuk mencari area yang diinginkan.

BACA JUGA :  Pasar Ekstrim Dunia Diantaranya Ada Di Indonesia

Pasar ini juga dinobatkan oleh Menteri Perdagangan sebagai pasar dengan manajemen terbaik di Indonesia. Sebagai pasar tradisional terbaik yang modern dan maju, pedagang harus menjaga pasar manis sebaik mungkin dengan selalu membersihkan area lapak dagangannya dan merapikan barang dagangannya. Bagaimana, ingin mencoba berbelanja di pasar Manis Purwokerto ?. Bisa di coba kawan. Terima Kasih