Home | Pasar Kumandang Keunikan Di Daerah Wonosobo

Pasar Kumandang Keunikan Di Daerah Wonosobo

Satu lagi pasar disekitar Jawa Tengah yang memiliki keunikan selain pasar Mbrumbung. Pasar Kumandang namanya.

Alamat Dan Rute Perjalanan Ke Pasar :

Pasar Kumandang terletak di Wonosobo Jawa tengah. Alamat lengakpnya di Jalan Candi Bongkotan Bongkotan, Bongkoran, Bojasari, Kec. Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56371. Untuk Rute Menuju pasar ini Dari Kota Surabaya atau Jakarta dengan bis di terminal Bungurasih yang ada Surabaya atau terminal Yang ada di Jakarta Dengan bis jurusan terminal Mendolo Wonosobo. Perjalanan sekitar 6 – 7 jam. Setelah sampai di terminal Mendolo kawan pasar bisa naik mikro mini untuk menuju pasar ini.

Untuk Rute Menuju Pasar dengan kendaraan pribadi 🚐 : Klik Di Sini.

Barang – barang yang di Jual :

Pasar Kumandang Wonosobo menjajakan berbagai macam jajanan tempo dulu. Semua kuliner dan barang tradisional ada di sini. Mulai jajanan pasar seperti Klanting, tiwul, klepon, gorengan dan lain – lain. Untuk kuliner ada rujak, lontong mie, dan nasi pecel. Mainan anak tradisional juga dijual di sini seperti mobil – mobilan dari kayu, hingga kelereng.

BACA JUGA :  Pasar Wage Banyumas Kebakaran Puluhan Kios Dan Lapak Habis Dilalap Si Jago Merah

Ulasan :

Keunikan Di Daerah Wonosobo

Walaupun zaman sudah berkembang. Dan modernisasi terus di lakukan. Tetapi nostalgia masa lalu tidak boleh di lupakan. Pasar Kumandang akan mengobati kerinduan kawan pasar tentang jajanan dan permainan masa lalu yang di sediakan di pasar ini. Jenis permainan – permainan tradisional disediakan di pasar ini seperti ayunan, jumplangan, engkle (permaianan dengan pecahan genting) dan lain sebagainya. Suasana pedesaan yang asri di tengah pepohonan rindang dalam sebuah kawasan pegunungan yang sejuk. Kios – kios unik tradisional yang disajikan seperti zaman tempo dulu, dengan beragam jajanan dan kuliner yang memanjakan lidah kawan semua.

BACA JUGA :  Pedagang Pasar Hewan Jatinegara Pasrah Jika PSBB Total Di Jakarta Diberlakukan

Selain menikmati wisata kuliner pengunjung juga bisa memberi makan kambing – kambing yang ada dalam kandang. Dan di samping pasar ada prasasti peninggalan kerajaan Kediri.

Untuk alat pembelian di pasar ini disediakan batok potongan kelapa berbentuk lingkaran. Untuk 1 lempeng batok dihargai 2.000 rupiah. Pengunjung bisa membeli dengan menggunakan batok ini. Untuk kantong belanjaan pun tidak disediakan kantong plastik, melainkan keranjang dari anyaman bambu yang bisa kita beli hanya dengan 3 keping batok yang nominalnya hanya 6.000 rupiah.

Di pasar Kumandang juga disajikan tarian – tarian dari sanggar tari Reswara. Sanggar tari dari penduduk setempat.

Jam Buka :

Keunikan Di Daerah Wonosobo

Pasar Kumandang buka hanya setiap hari Minggu dari pukul 07.00 – 13.00 WIB. Di hari lain pasar ini tutup. Pasar Kumandang buka setiap Minggu karena di hari libur kerja dan bersekolah. Jadi bisa di jadikan tempat untuk refreshing anak mudah setelah 1 Minggu full melakukan aktivitas.

BACA JUGA :  Pasar Bersih Kalideres Jakarta Barat Mengalami Kebakaran Hebat

Sejarah :

Pasar Kumandang Wonosobo menghadirkan pasar tradisional yang mengajak kawan semua kembali ke masa lalu. Pasar Ini berkonsep berbeda. Kumandang memiliki arti bergema atau terdengar ke mana – mana. Kata ini di ambil dari kitab kuno ramalan Jayabaya. Seorang raja sakti dari kerajaan Kediri. Menurut raja Jayabaya suatu saat pasar ilang kumandang e yang artinya pasar akan kehilangan pamornya. Mangkanya agar tidak menghilang di konseplah pasar tempo dulu pasar Kumandang.

Oke kawan, semoga bisa dijadikan refrensi daftar kunjungan anda selanjutnya. Terima Kasih. PASAREXTRA.