Home | Pasar Ikan Muncar Terbesar Dari Pesisir Jawa Timur

Pasar Ikan Muncar Terbesar Dari Pesisir Jawa Timur

Pasar ikan Muncar adalah pasar ikan terbesar dari pesisir Jawa timur tepatnya di Kabupaten Banyuwangi. Geliat pasar di pagi hari seolah membawa angin segar bagi nelayan ikan yang melaut sejak dini hari. Karena mereka siap menjajakan hasil tangkapannya di pasar Muncar.

Pasar ikan Muncar adalah pasar ikan terbesar ke dua setelah Pasar Ikan Bagan Siapiapi. Ikan – ikan di sini besar – besar, segar dan berkualitas. Karena langsung dari tangkapan nelayan. Dan tidak mengendap berhari – hari di frezer.

70% kebutuhan ikan Jawa Timur di pasok oleh nelayan Muncar. Sekali berlayar mereka dapat 3 sampai 5 ton ikan Lemuru. Iya, ikan Lemuru sulit untuk di dapatkan jika tidak musimnya. Bahkan paceklik ikan Lemuru bisa hampir 4 tahun.

BACA JUGA :  Berdiri sejak Tahun 1735 Pasar Tanah Abang Masih Semrawut

Loss pasar ikan dibangun sejak 2012. Setiap bongkar ikan dari nelayan yang datang pasar langsung ramai. Sebagian besar ikan diambil oleh pengepul untuk dijual kembali kepusat kota. Pembeli yang datang langsung juga memperoleh harga jauh lebih murah dan berkualitas.

Pasar Ikan Muncar Terbesar Dari Pesisir Jawa Timur
ig : muncar24jam

Tips untuk memilih ikan untuk di bawah ke rumah harus ikan segar. Beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk beli ikan di pasar agar tak tertipu adalah :

BACA JUGA :  Pasar Keputran Surabaya Tempat Belanja Sayuran Terlengkap
  • Insang berwarna merah dan sirip kuat
  • Mata jernih menonjol dan cembung
  • Daging ikan bila di tekan terasa kenyal
  • Warna kulit cerah
  • Sisik ikan masih kuat melekat dan tidak banyak yang lepas
  • Kulit dan daging ikan tidak mudah robek terutama bagian perut tidak busuk

Jenis tangkapan ikan laut dari selat Bali melimpah di pasar Muncar. Mulai dari ikan pari, tongkol, selar, hingga kepiting segar. Sistem penjualan di sentra perikanan ini juga unik. Siapa cepat dia dapat. Semakin siang harga ikan semakin mahal. Karena ikan yang dicari pembeli semakin siang akan habis dan langkah. Jadi kalau ke pasar Muncar ini kamu harus pagi – pagi sekali. Karena jenis tangkapan masih lengkap dan banyak.

BACA JUGA :  Pasar Atom Surabaya Saling Terintegrasi Dengan Mall

Pasar ikan Muncar sekarang sedang dikembangkan sebagi minapolitan di provinsi Jawa Timur. Menjadi Pasar Ikan kelas dunia dan dapat menopang hidup kebutuhan nelayan Indonesia. Semoga menjadi pasar ikan kelas dunia ya.. Terima kasih. PASAREXTRA.