Home | Mengapa Negara Maju Lebih Banyak Kasus Covid – 19

Mengapa Negara Maju Lebih Banyak Kasus Covid – 19

Mengapa Negara Maju Lebih Banyak Kasus Covid - 19

 Jakarta-Covid – 19 Telah menjangkiti seluruh negara tak terkecuali negara maju, malahan negara maju mempunyai dampak lebih besar dan memiliki kasus positif lebih banyak. 5 besar posisi teratas kasus covid – 19 adalah Amerika Serikat, Italia, Spanyol, Prancis dan Jerman itu semua adalah negara maju. Lalu Mengapa negara maju lebih banyak kasus covid – 19. 

Setelah virus corona menjangkiti banyak kota di Cina. Virus yang mulai muncul di kota Wuhan Provinsi Hubei Cina ini langsung menyebar ke seluruh dunia dengan begitu cepat.

Amerika serikat dan Benua Eropa menjadi episentrum pertama dan ke dua melewati Cina. Dan terpusat di negara Amerika Serikat saat ini dengan kasus positif terbanyak di seluruh dunia. Sedangkan Italia mempunyai kasus meninggal akibat Covid – 19 terbanyak di seluruh dunia. Dan begitu cepatnya menular ke negara Eropa lainnya.

Dari analisa pakar kesehatan, negara maju tidak menjadi jaminan perlindungan terhadap virus corona ini. Walaupun mereka memiliki alat – alat kesehatan canggih dan modern serta obat – obatan yang lengkap.

BACA JUGA :  Peran Turki di Afghanistan Hingga Taliban Melunak

Karena Virus ini adalah virus corona yang telah bermutasi lebih mematikan dari pada pendahulunya yaitu SARS dan MERS. Dan penyebarannya pun sangat cepat. Dimana saat viru corona baru muncul. Negara – negara maju bahkan belum menyadari bahwa mereka sudah dimasuki virus ini. Dimana kegiatan ekonomi dan pertemuan sosial sangat dekat dan intens.

Sebagai contoh negara Italia dimana negara ini memiliki hiruk pikuk kegiatan ekonomi dan olahraga sangat besar. Seperti sepak bola dimana Liga Italia adalah Liga terbesar yang sekali pertandingan bisa dihadiri oleh sekitar 30.000 sampai 50.000 penonton. 

Jika satu saja dari para penonton itu terjangkit. Lalu mereka saling berpelukan atau bersalaman saat moment Gol tercipta. Maka virus ini dengan mudah masuk ke semua penonton. 

Dan banyak prediksi – prediksi dari para pakar bahwa penyebaran virus corona ini menyebar dari pertandingan sepakbola karena banyaknya penonton yang saling berdekatan dalam jumlah besar.

BACA JUGA :  Kapal Tongkang Menabrak 6 Rumah Hingga Hancur Di Batam

Dan mengapa virus ini begitu cepat penyebarannya. Virus corona ini menjangkiti manusia tidak langsung memberikan gejala. Gejala mulai terasa setelah sekitar 2 – 3 hari. Jika anak muda yang memiliki sistem imun yang kuat bahkan gejalanya tidak terlihat dan bisa lebih lama. Saat itu mereka tidak sadar bahwa mereka sudah terjangkit.

Tetapi mereka masih saja keluar rumah untuk melakukan pertemuan entah itu urusan bisnis atau yang lainnya. Mereka tidak menyadari bahwa mereka telah terjangkit karena sistem imun mereka kuat dan menularkannya kepada yang lemah dan sudah rentan (tua) sehingga begitu cepatnya virus ini menyebar.

Saat orang  orang yang terjangkit mulai terasa sakit baru dia dikarantina. Tetapi sudah terlambat, karena virus sudah menyebar saat dia telah berinteraksi di luar.

Oleh karena itu mengapa negara maju lebih banyak kasus covid – 19, itu karena intensnya kegiatan ekonomi dan sosial mereka. Sehingga mereka banyak melakukan pertemuan – pertemuan saat kasus virus covid – 19 ini sudah menyebar awal – awal di negara mereka. Tetapi mereka terlambat melakukan karantina.

BACA JUGA :  Dukun Pijat Tega Membunuh Bayi Hasil Hubungan Gelapnya Dengan Adik Ipar

Jika andai saja saat kasus ini mulai diketahui awal Desember di Wuhan Cina. Dan negara – negara lain sudah mulai lockdown awal Januari. Maka kasus ini mungkin tidak sebanyak saat ini. Karena mereka dari awal kemunculan virus ini,  sudah menutup negaranya dan pasti virus covid – 19 ini tidak menyebar secepat ini. 

Sudah terlambat. Saat ini bagaimana kita untuk menanggulangi dan mencegahnya. Minimal kita tetap aman untuk tetap tinggal di rumah. Selalu memakai masker dan cuci tangan pakai sabun. Semoga kasus pandemi virus covid – 19 ini segera berakhir dan kita bisa beraktivitas normal seperti semula. TERIMA KASIH. PASAREXTRA