Menetap Di Indonesia Selama 23 Tahun Pengungsi Rohingya Minta Dibuatkan KTP
|

Menetap Di Indonesia Selama 23 Tahun Pengungsi Rohingya Minta Dibuatkan KTP

Yuk, di share :
0
(0)

Menetap Di Indonesia Selama 23 Tahun Pengungsi Rohingya Minta Dibuatkan KTP. Nur Islam salah satu pengungsi rohingya asal Myanmar, memboyong seorang keluarganya mengurus dokumen warga negara Indonesia, di kantor dinas kependudukan dan catatan sipil kota Makassar Kamis pagi. Dengan berbekal beberapa berkas dari Kementerian Hukum dan HAM dan kartu UNHCR ia nekat mengurus kartu Keluarga dan KTP.

Pengurusan dokumen ini ia lakukan bersama istri dan anaknya, lantaran selama hidup 23 tahun di Indonesia Ia bersama istri tak bisa mendapatkan pekerjaan sementara anaknya tak bisa bersekolah di sekolah negeri. Menurut Nur Islam Ia telah tinggal di Indonesia sejak tahun 2000 dan berada di Kota Makassar pada tahun 2013.

Selama hidup di Indonesia Ia tak bisa berbuat apa-apa karena tak memiliki Dokumen resmi. “Hari ini saya Alhamdulillah sudah datang sini kantor catatan sipil, saya minta warga negara Indonesia. kenapa saya tak bisa kerja, terkatung – katung, saya macam ini orangnya. Berapa lama lagi saya harus nunggu, Dari tahun 91 sampai sekarang Saya masih ditangani UNHCR. Tapi saya minta tolong dari pemerintah sini. Tolonglah saya, puluhan tahun Saya sudah menetap di Indonesia saya harus jadi warga negara” ujarnya memelas kepada wartawan.

Sementara itu kepala bidang pelayanan pendaftaran penduduk dinas kependudukan dan catatan sipil kota Makassar menegaskan, tak akan mengeluarkan dokumen apapun itu kepada warga negara asing. Jika Tak memiliki kitab dan kitas ke Indonesia. Kan ini khususnya Makassar kan mencari suaka. Jadi untuk penerbitan Dokumen kependudukannya itu kami tidak bisa memberikan. Kami tidak bisa mengeluarkan keterangan apa-apa. Hingga saat ini Nur Islam berharap pemerintah kota Makassar memberikan dokumen Resmi agar bisa mengurus negara ketiga.

BACA JUGA  Pinjaman Online Harus Diwaspadai Ini Sebabnya

0 / 5. 0

Similar Posts