|

Kilang Minyak Terbesar Israel Meledak Dugaan Sementara Akibat Terkena Rudal

Yuk, di share :
0
(0)

Kilang Minyak Terbesar Israel Meledak Dugaan Sementara Akibat Terkena Rudal. Ledakan terjadi di kilang minyak terbesar milik Israel di wilayah pendudukan Teluk Haifa Palestina, pada Minggu tanggal 14 Januari tahun 2024. Sumber yang dikutip beberapa media Israel mengungkap dugaan serangan rudal sebagai penyebab terjadinya ledakan.

Dari video yang beredar di media sosial usai suara ledakan keras dan menimbulkan asap tebal membubung tinggi ke udara. Pemerintah Israel sempat menampik peristiwa itu terjadi di kilang minyak, namun disebut tak jauh dari lokasi tersebut. Tapi kemudian pemerintah menyatakan keterangan berbeda dengan sejumlah sumber media. Pemerintah Israel mengungkapkan pemicu ledakan Akibat kerusakan pada fasilitas produksi polytillen di dalam kilang tersebut.

Peristiwa itu diklaim tidak dikaitkan dengan aspek keamanan dan pertahanan Israel. Akibat ledakan di kilang minyak itu, pemerintah Israel menghentikan sementara produksi. Sejauh ini belum ada keterangan resmi soal korban jiwa atau luka-luka.

Mengutip badan administrasi informasi energi ASIEA, kilang minyak di Teluk Haifa merupakan yang terbesar dari 2 kilang yang dimiliki Israel. kapasitas produksinya mencapai 197 .000 barel per hari. Selain memproduksi BBM, kilang minyak tersebut juga menghasilkan berbagai produk Petrokimia.

Selain di Teluk Haifa, Israel juga memiliki satu kilang lain Yakni Asdot dengan kapasitas produksi 100.000 barel per hari. Porsi terbesar dari produksi kilang minyak tersebut digunakan untuk memasok kebutuhan dalam negeri.

BACA JUGA  Akibat bakar sampah api menghanguskan sebuah bengkel mobil di Grand Tomang

Konsumsi BBM Israel sendiri mencapai 240.000 barel per hari. Kelebihan produksi dari kilang tersebut diekspor ke kawasan Mediterania. menurut IEA, selama ini Israel merupakan negara yang memenuhi seluruh kebutuhan energinya dari impor. Tapi sejak 2016 Israel melakukan eksplorasi migas di dataran tinggi golan yang direbut dari Suriah.

Dari eksplorasi Migas tersebut Israel mendapatkan cadangan terbukti 14 juta barel. Selain itu Israel juga memproduksi Minyak dari kawasan lepas pantai Laut Mati.

0 / 5. 0

Similar Posts