Home | Indonesia Akan Menghadapi Resesi Kuartal 3 September 2020 Ekonomi Akan Membaik 2021

Indonesia Akan Menghadapi Resesi Kuartal 3 September 2020 Ekonomi Akan Membaik 2021

Sri Mulyani Menteri keuangan Republik Indonesia mengumumkan Indonesia akan menghadapi resesi kuartal 3 bulan September 2020. Tetapi kemungkinan tidak berlangsung lama. Diprediksi ekonomi Indonesia akan membaik 2021. Setelah mengalami penurunan ekonomi dua kuartal terakhir maka dipastikan di kuartal 3 resesi akan terjadi di akhir bulan September.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengumumkan ekonomi nasional akan resesi pada kuartal 3 2020. Hal ini menyusul proyeksi ekonomi Indoneisa 2020 turun 1,7 % sampai -0,6 %. Realisasi pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal dua -5,32 %. Resesi akan terjadi jika pertumbuhan ekonomi nasional kembali negatif di kuartal selanjutnya dan minus dua kuartal berturut -turut. Dan itu telah terjadi dua kuartal kemaren. Menurut pengamat ekonomi dampak tersebut akan berakibat daya beli masyarakat berkurang dan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawan akan terus terjadi setelah sebelumnya sudah terjadi saat awal pandemi.

BACA JUGA :  Seorang Bocah 8 Tahun Meninggal Dunia Akibat Dimangsa Buaya

Pengamat ekonomi Yusuf. M mengatakan daya beli masyarakat akan melemah. Karena belum pulihnya situasi setelah pemutusan hubungan kerja dan sulitnya lowongan pekerjaan disaat pandemi covid – 19 ini. Bantuan pemerintah yang seharusnya bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakatpun belum sepenuhnya memulihkan tingkat jual – beli seperti sebelum pandemi berlangsung.

Imbas PHK ditengah resesi akan membuat peningkatan pengangguran yang ada di Indonesia. Investor akan menahan investasinya hingga Indonesia benar – benar pulih dan ekonomi menjadi membaik.

BACA JUGA :  Motif Dan Kronologi Pembunuhan Serta Mutilasi Di Apartemen Kawasan Pasar Baru Jakarta Pusat
Indonesia Akan Menghadapi Resesi Kuartal 3 September 2020 Ekonomi Akan Membaik 2021

Resesi di tahun 2020 ini diprediksi tidak berlangsung lama. Di tahun 2021 akan ada pertumbuhan ekonomi yang telah diproyeksi oleh lembaga – lembaga keuangan dunia Seperti OECD memproyeksikan akan ada pertumbuhan ekonomi di bulan September 2021 sebesar 5,3 %. ADB juga memproyeksikan pertumbuhan ekonomi yang sama yaitu 5,3 %. Sedangkan Bloomberg memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia 5,4 %. Organisasi keuangan dunia yaitu IMF melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi 6,1 % di tahun 2021. Dan World Bank memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi 4,8 tahun 2021.

BACA JUGA :  Kebakaran Toko Elektronik Dekat Pasar Blauran Menewaskan 5 orang

Tidak hanya Indonesia, negara – negara lain di benua Eropa dan Amerika pun beberapa telah mengalami resesi diantaranya seperti Amerika Serikat, Perancis, Italia, Jerman, Hongkong, Korea Selatan, dan beberapa negara Asia tenggara seperti Singapura dan Filipina. Pasarextra