|

Hari Raya Nyepi Berlangsung Khidmad Di Dua Daerah Ini

Yuk, di share :
0
(0)

Hari raya Nyepi Berlangsung Khidmad di dua kota ini, yaitu di Jombang dan Mataram. Brata penyepian dilakuakan sejumlah umat Hindu di dusun Ngepeh, desa Rejoagung Jombang Jawa Timur.

Umat Hindu ini sengaja melakukan Brata Penyepian di pura Amarta Buana di dusun setempat karena ingin lebih khusuk dan khidmad menjalani Brata Penyepian.

Brata Penyepian diisi dengan sembahyang serta pendekatan diri pada Tuhan. Usai sembahyang sejumlah umat Hindu tidak pulang Ke rumah. Melainkan tetap berada di pura dengan berbagai aktifitas yang tidak melanggar Brata Penyepian.

Selain di Jombang hari raya Nyepi juga dilakukan di Mataram . Sejumlah umat Hindu di wilayah Cakrakara Mataram tampak lengang pada pelaksanaan Nyepi hari ini.

Jalan – jalan ditutup menggunakan palang kayu dan portal. Pusat ekonomi seperti pasar dan pertokoan disekitar perkampungan Hindu juga ditutup. Ini sebagai wujud penghormatan dan toleransi. Yang terlihat hanya pengamanan Banjar atau pecalang. Berkeliling kampung menjaga keamanan banjar.

Bagi Umat Hindu perayaan Nyepi adalah pembersihan diri hawa nafsu atau biasa disebut catur Brata penyepian. Yaitu amati Geni yang berarti tidak menyalakan api. Amati karya yang artinya tidak bekerja. Amati Lelungan yang berarti tidak bersenang – senang. Dan amati Lelanguan yang berarti tidak berpergian.

Sejumlah daerah di Bali juga merayakan Hari raya Nyepi dengan sangat khidmad. Bandara I Gusti Ngurah Rai di tutup 24 jam dan sejumlah jalan di Kuta, Sanur, dan Denpasar sangat lengang. Penghormatan dengan berdiam di rumah juga dilakukan di sejumlah daerah lain di Indonesia juga khususnya di daerah – daerah yang warganya banyak menganut agama Hindu. Terima kasih. Pasarextra.com

BACA JUGA  Ratusan Pengungsi Rohingya Terdampar Di Langkat Sumatera Utara

0 / 5. 0