Home | Hari Pertama Penerapan PSBB di Surabaya

Hari Pertama Penerapan PSBB di Surabaya

pasarextra.com – Hari pertama penerapan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar, hari Selasa ini per tanggal 28 April 2020 mulai diberlakukan. Hari pertama penerapan PSBB di Surabaya mulai terlihat di perbatasan – perbatasan pintu masuk Kota Surabaya.

Berdasarkan instruksi Kapolda Jatim, terdapat 48 check point di Surabaya Raya. Rinciannya yakni 13 titik check point di Surabaya yang dijaga total 1.390 personel gabungan Polri/TNI/Satpol PP/Dishub, 6 titik di Tanjung Perak dengan 240 personel, 16 titik di Sidoarjo dengan 741 personel, dan 13 titik di Gresik dengan 571 personel.

Pos – pos chek point dari anggota kepolisian dan DISHUB Surabaya mulai efektik. Beberapa kendaraan yang tidak mematuhi aturan PSBB tampak dihentikan oleh polisi mulai dari kendaraan roda 2 yang pengendara tidak mengenakan masker, plat nomer diluar kota Surabaya, ataupun mobil yang mengangkut kapasitas lebih dari 50% di stop oleh polisi. Ini sesuai peraturan pencegahan covid – 19 yang berlaku di setiap wilayah.

BACA JUGA :  Teka Teki Pembunuhan Tewasnya Seorang Wanita Di Kabupaten Lahat Sumatra Utara Akhirnya Terungkap

Penerapan PSBB ini salah satunya tampak terlihat di pintu masuk Surabaya dari Sidoarjo. Pintu Chekpoint tepat berada di depan MALL City Of Tomorrow. Yaitu bundaran Waru ke arah Jalan Raya Ahmad Yani Surabaya. Di sini terlihat kemacetan yang sangat parah dan panjang akibat operasi kendaraan yang di lakukakan oleh pihak kepolisian. Puncak kemacetan terjadi pada sore hari dimana saat itu adalah waktu pulang kerja masyarakat yang tidak libur saat terjadi pandemi covid – 19. Beberapa Pengendara pun tidak mengetahui jika ada chekpoint di sini yaitu pengedara dari Sidoarjo yang akan ke Surabaya. Sosialisasi PSBB yang sudah dilakukan masih saja dilanggar oleh pengendara roda 2 maupun roda 4. contohnya ada yang tidak mengenakan masker saat berkendara, atau berboncengan tetapi beda alamat KTP. Ada juga mobil yang melebihi kapasitas penumpang yang sudah ditetapkan.

BACA JUGA :  Mudik Dini Mulai Terlihat Di kawasan Cirebon Dari Jakarta
Hari Pertama Penerapan PSBB di Surabaya

Yang dipastikan lolos chekpoint adalah warga yang plat nomer kendaraanya L (plat dengan nomer kendaraan area Surabaya), tidak berboncengan dan mengenakan masker lengkap dengan standar keselamatan berkendara.

PSBB ini resmi di berlakukan di Surabaya mulai Selasa, 28 april 2020 hingga 14 hari kedepan. Mudah – mudahan PSBB Surabaya efektif memutus mata rantai penyebaran covid – 19. Sehingga kehidupan bisa kembali normal dan Kegiatan Perekonomian bisa berjalan seperti biasa.

BACA JUGA :  Rindu Berwisata? Mungkin Ini Bisa Mengobati Rasa Jenuh Saat Di Rumah

Terima Kasih. PASAREXTRA