Home | Harga Cabai Naik Akibat Hama Menjadikan Petani Gagal Panen

Harga Cabai Naik Akibat Hama Menjadikan Petani Gagal Panen

Meminimalisir gagal panen cabai akibat hama sejumlah petani di Tuban Jawa Timur memanen cabai lebih awal. Bahkan mengakibatkan gagal panen pada sejumlah desa di Tuban. Ini yang menjadikan harga cabai naik hingga 4 kali lipat.

Cabai rawit merah yang masih hijau terpaksa dipanen lebih awal. Tidak hanya petani yang menanggung rugi, pedagang juga terkena imbasnya. Cabai rawit merah yang tidak laku terjual menjadi busuk dan terpaksa dibuang.

Ini memicu harga Cabai naik hingga menyentuh level 120.000 / kg. Kenaikan hingga 4 kali lipat dari harga normal ini menjadikan daya beli masyarakat menjadi berkurang. Dan membuat pengusaha warung dan kuliner semakin merugi.

Di kabupaten Tuban Jawa Timur para petani memanen cabai rawit merah lebih awal. Meski masih berwarna hijau cabai rawit merah ini dipetik lebih dini agar tidak busuk. Petani harus memilih. Memetik cabai lebih awal atau rusak dan mengering akibat hama.

Selain hasil panen yang turun drastis. Cabai rawit yang masih hijau ini hanya laku terjual 30.000 Rupiah perkilogramnya. Menurut petani cabai bernama Jutik mengatakan “saya memanen lebih awal agar tidak keburu rontok akibat hama. Dan hasil panen juga tidak banyak hanya 1 sampai 2 kilogram saja. Masih hijau juga. Saya menjualnya di pasar Baru Tuban 30.000 rupiah.”

Menurut petani cabai, cuaca ekstrim dan hama membuat cabai rawit merah menjadi langkah. Meski harganya meroket. Para petani justru mengaku rugi karena kebanyakan cabai busuk di makan hama.

Tidak hanya cabai rawit, cabai hijau dan cabai merah juga diserang hama patek. Dikalangan pedagang tingginya harga membuat cabai rawit merah tidak laku terjual. Akibatnya banyak cabai rawit merah membusuk dan terpaksa dibuang.

Salah satu pedagang cabai Rohiyati mengatakan sehari bisa membuang 2 kilogram cabai rawit merah yang busuk. Selain minimnya pasokan akibat curah hujan, faktor lain akibat kurangnya cabai di pasaran karena rendahnya pengolahan cabai di dalam negeri yang bisa mengurangi masa pembusukan cabai dan menambah daya beli masyarakat. Karena olahan cabai akan mudah menjangkau masyarakat luas. pasarextra.com