Home | Fatwa MUI Tentang Shalat Idul Fitri Di Tengah Pandemi Covid – 19

Fatwa MUI Tentang Shalat Idul Fitri Di Tengah Pandemi Covid – 19

pasarextra.com – Majelis Ulama Indonesia atau MUI telah mengeluarkan fatwa tentang shalat idul Fitri 1441 H. Fatwa MUI tentang shalat idul Fitri ditengah pandemi covid – 19 sudah dikeluarkan.

Fatwa ini sebagai pedoman pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 Hijriah. Untuk menjamin pelaksanaan ibadah secara benar serta menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran covid – 19. Majelis Ulama Indonesia menetapkan fatwa nomor 28 tahun 2020 tentang panduan pelaksanaan ibadah dalam salat Idul Fitri tahun 1441 H dalam suasana pandemi virus corona.

Dalam fatwa tersebut diungkapkan. Jika umat Islam berada di kawasan Covid – 19 yang terkendali dan aman. Maka salat Idul Fitri bisa dilaksanakan berjamaah di Tanah Lapang dan di masjid atau mushola.

indikasinya angka penularan Covid – 19 menunjukkan tren menurun dan ada kebijakan kelonggaran sosial yang memungkinkan adanya kerumunan.

Sekertaris MUI Asrorun Ni’am Sholeh mengatakan “Jika umat Islam berada di kawasan yang warganya tak ada yang terpapar covid – 19, maka salat Idul Fitri bisa dilaksanakan secara berjamaah di Tanah Lapang dan di masjid atau mushola. Tapi jika umat Islam berada dalam kawasan zona merah salat Idul Fitri tak bisa dilaksanakan di tanah lapang atau di masjid. Sebagai gantinya maka umat Islam sebaiknya melaksanakan salat Idul Fitri di rumah. Boleh dilaksanakan di rumah dengan berjamaah bersama anggota keluarga”.

Walaupun jamaah yang berada di kawasan penyebaran covid – 19 yang terkendali dan aman ataupun yang berada di zona merah dan terpapar covid – 19, Umat Islam harus tetap melaksanakan protokol kesehatan dan mencegah terjadinya penularan Covid – 19.

Pelaksanaan Ibadah Idul Fitri tahun ini memang lain dan sangat berbeda dari tahun 2019 kemarin. Tetapi kebersamaan dan suasana Idul Fitri tetap akan kita meriahkan dengan keluarga di rumah. Tanpa mengurangi kekhidmatan dalam menjalankan Ibadah dan merayakan hari raya Idul Fitri tetap seperti tahun kemaren walaupun dengan suasana yang berbeda. Tetap ibadah ,tetap menjalankan sosial distancing. Semoga pandemi ini segera berakhir. Terima kasih. PASAREXTRA