Home | Dampak Indonesia Jika Lockdown Akibat Virus Corona

Dampak Indonesia Jika Lockdown Akibat Virus Corona

Dampak Serius Bila Indonesia Jadi Lockdown Akibat Virus Corona

pasarextra.com – Virus Corona atau dikenal dengan covid – 19 dampaknya sudah sangat mengkhawatirkan bagi beberapa negara. Bahkan banyak negara – negara maju di dunia sudah melakukan lockdown. Diantaranya Spanyol, Italia, Jerman dan negara lain yang terkena dampak serius virus corona. Tetapi untuk Indonesia kasus covid – 19 ini masih tergolong belum parah. Artinya orang – orang yang terjangkit virus ini masih di bawah puluhan ribu dan kasus kematian akibat virus corona juga masih dibawah ribuan. Tetapi bagaiman jika Indonesia mengalami dampak yang serius. Dan memiliki korban yang terus bertambah, intens dan tidak terbendung hingga puluhan ribu orang. Maka bagaimanapun juga Indonesia harus melakukan lockdown. Dan dampak Indonesia jika lockdown akibat virus corona ini sangat mengkhawatirkan.

BACA JUGA :  Pelaku Pembunuhan Dengan Mutilasi Di Apartemen Kalibata City Akhirnya Ditangkap

Jika Indonesia melakukan lockdown maka dipastikan akan ada panic buying besar – besaran. Dimana semua masyarakat Indonesia akan membeli semua kebutuhan makan mereka dan kebutuhan sanitasi dalam jumlah besar sebelum diberlakukannya lockdown.

Akibatnya, ketersediaan barang – barang kebutuhan pokok akan habis. Dan bagi mereka yang tidak mampu secara otomatis tidak akan mendapatkan pasokan bahan makanan. Sehingga akan terjadi kelaparan bagi mereka yang tidak mampu. Hanya pemerintah yang bisa menanggulanginya dengan memberi bantuan kepada mereka yang membutuhkan bahan – bahan pokok. Dan membatasi pembelian bahan – bahan pokok dalam jumlah besar bagi orang kaya.

BACA JUGA :  Aturan New Normal Bisa Menjadi Solusi Ekonomi Saat Pandemi
Dampak Serius Bila Indonesia Jadi Lockdown Akibat Virus Corona

Lockdown akan membuat masyarakat Indonesia kehilangan pekerjaannya. Banyak perusahaan – perusahaan ritel maupun manufaktur akan menutup kegiatan produksinya. Akibatnya terjadi PHK massal atau banyak karyawan yang dirumahkan. Pengangguran di mana – mana kejahatan pun merajalela.

Lockdown juga akan membuat kota – kota di Indonesia seperti kota mati. Kegiatan ekonomi berhenti. Dan segala bentuk sosialisasi ditiadakan. Semua berdiam di rumah. Jika ini berlangsung terus maka resesi dan krisis pun tidak bisa dihindarkan.

Pemerintah akan berusaha memberikan stimulus dan bantuan – bantuan hingga trilliunan rupiah. Mungkin itu bisa membuat masyarakat tenang dan mengurangi beban. Tetapi tidak berlangsung lama. Karena banyaknya penduduk Indonesia hingga 270 jt orang, dan pemerataan bantuan pun sangat – sangat sulit.

BACA JUGA :  Beberapa Negara Lockdown Lapisan Ozon Membaik

Opsi lockdown jangan sampai terjadi, walaupun itu harus dilakukan setidaknya pemerintah daerah cukup hanya menutup kota – kota mereka dari arus luar kota yang masuk kedalam. Dan dalam kota tidak boleh untuk keluar kota. Itu salah satu opsi paling mudah dilakukan untuk mengatasi pandemi covid – 19.

Penggunaan masker dan selalu cuci tangan memakai sabun harus sering – sering dilakukan. Kesadaran masyarakat harus ditingkatkan betapa bahayanya virus corona ini dan betapa cepatnya dalam penyebarannya. Itulah dampak Indonesia jika lockdown akibat virus corona. Sangat mengkhawatirkan dan jelas membuat rakyat sengsara. TERIMA KASIH. PASAREXTRA