Cuan Melimpah Dengan Budidaya Bonsai

Yuk, di share :
0
(0)

Bonsai yang sering kita kenal dengan tanaman hias ini,sangat digemari saat ini. Terutama bagi hiasan – hiasan teras rumah untuk mempercantik dan membawa keindahan rumah. Cuan akan melimpah dengan budidaya bonsai. Inilah kisah petani bonsai yang dapat meraup keuntungan hingga 10 juta rupiah dengan koleksi tanaman bonsai.

Sejak pensiun tiga tahun lalu Pak Frans Adil Pane dan istrinya mulai bertani bonsai. Bertempat tinggal di sebuah rumah sederhana di kawasan perumahan desa Ngampel Sari Kecamatan Candi – Sidoarjo Jawa Timur, Pak Frans mengembangkan tanaman – tanaman bonsainya bersama istirnya.

Namun siapa sangka pensiunan BUMN ini bisa meraup hingga 10 juta rupiah perbulan dari bertanam bonsai. Berawal dari sekedar hobi merawat beberapa bonsai, Pak Frans tidak menyangka bahwa kolector bonsai menyukai tanaman – tanamannya . Itu setelah pak Frans Mengunggah tanaman – tanaman bonsainya di sosial media.

berawal dari belajar otodidak cara merawat bonsai, saat ini Pak Frans memiliki sekitar 200 tanaman bonsai dari berbagai pohon. Pak Frans mengaku mendapatkan tanaman bonsai dari lingkungan sekitar. Seperti pohon asam hingga pohon beringin. Namun tidak jarang dia mendapat pesanan khusus dari kolector bonsai. Seperti bonsai cendana yang beraroma wangi, dan pohon dengan kayu yang keras seperti setiggi.

BACA JUGA  Kafe Kofibrik Mempunyai Banyak Cabang Instagramable dan Nyaman

Pak Frans menjual bonsai – bonsainya dengan harga 12 juta rupiah hingga puluhan juta rupiah. tergantung ukuran dan kesulitan dalam proses pembuatan bonsai. Pak Frans mengaku memanfaatkan media sosial agar kreasi bonsainya bisa tersebar di berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung hingga Papua. Mau budidaya bonsai seperti pak Frans ?. Pelajari dulu cara dan perawatannya. Pasarextra.com

0 / 5. 0