Cara Mudah Melamar Pekerjaan Melalui Email

Cara Mudah Melamar Pekerjaan Melalui Email

Yuk, di share :
5
(2)

Cara mudah melamar pekerjaan melalui email sekarang menjadi trend jaman modern yang harus kita lakukan. Perkembangan jaman yang semakin maju mengharuskan kita untuk selalu mengikuti perkembangannya. Selain praktis dan lebih efisien, melamar pekerjaan melalui email juga menunjukkan anda adalah salah satu orang terpelajar yang juga paham dunia digital internet. Ini akan menjadi sebuah referensi anda terhadap perusahaan pencari kerja. Perusahaan akan mempertimbangkan anda karena pengetahuan anda di dunia internet.

Cara mudah melamar pekerjaan melalui email sangat mudah dan lebih praktis. Inilah beberapa tahap jika melamar pekerjaan melalui email :

Siapkan akun email anda

Anda bisa menyiapkan akun email yang anda miliki. Jika anda tidak punya email anda bisa membuatnya. Banyak platform email yang sering digunakan oleh masyarakat. baik dari Yahoo, google atau lainnya. Dan yang saat ini sering digunakan oleh banyak orang adalah dari yahoo mail dan google mail atau gmail.

Buat Lamaran Pekerjaan Dan CV Dengan Office Word / Ms. Word

Membuat lamaran pekerjaan dan curiculum vitae ( CV ) adalah syarat terpenting dalam membuat lamaran pekerjaan. Karena di sini anda akan mengutarakan maksud anda kepada sebuah perusahaan yang anda tuju yaitu melamar pekerjaan. Membuat lamaran pekerjaan bisa anda cari contoh – contoh di google search atau anda buat dengan karangan anda sendiri. Yang terpenting lamaran pekerjaan harus dengan kata baku dan tidak bertele – tele. Dan menjelaskan secara jelas kepada perusahaan bahwa anda akan melamar pekerjaan. Membuat CV juga sangat penting dalam sebuah lampiran berkas yang akan anda berikan kepada sebuah perusahaan tempat anda melamar kerja. CV atau bahasa Indonesia-nya berarti Daftar Riwayat Hidup. Yaitu berisi data diri anda secara lengkap mulai alamat hingga riwayat sekolah dan pengalaman kerja. Anda bisa membuatnya sesuai urutan – urutan yang bisa anda cari di google search.

BACA JUGA  How to Educate Hyperactive Children

Scan Beberapa Berkas Yang Diperlukan

Dalam Melamar Pekerjaan anda bisa scan beberapa berkas Seperti Ijazah terakhir, transkrip Nilai, KTP, KK, Daftar Riwayat Hidup, SKCK, Surat Vaksin, Surat Sehat, serta anda juga bisa scan beberapa berkas dan surat penting lainnya seperti surat pengalaman kerja, surat pengalaman kursus, atau piagam penghargaan yang pernah anda dapatkan sebelumnya. Ini akan menjadi peluang diterimanya anda sebagai karyawan di perusahaan tempat anda melamar pekerjaan. Dan akan menjadi referensi perusahaan tersebut untuk menempatkan anda di posisi sesuai passion yang anda miliki.

Cara Mudah Melamar Pekerjaan Melalui Email

Rangkum Semua Berkas Tersebut dalam sebuah File PDF Sesuai Urutan

Jika semua sudah selesai pastinya anda akan mengirimkan surat dan berkas lamaran anda melalui email tempat perusahaan yang anda tuju. Mengirim berkas lamaran kerja melalui email juga ada kode etik yang harus dikerjakan. Anda tidak disarankan mengirim berkas hasil scan dengan begitu saja secara berserakan. Ini terkesan tidak rapi dan menjadi nilai negatif anda terhadap perusahaan yang akan menerima anda bekerja. Anda bisa merangkum file dan berkas lamaran kerja dan merubah-nya menjadi file PDF. Sesuai urutan – urutan-nya yaitu :

  1. Surat Lamaran Kerja
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. KTP
  4. KK
  5. Ijazah
  6. Transkrip Nilai
  7. SKCK
  8. Surat Vaksin
  9. Surat Sehat
  10. Dan berkas – berkas penunjang seperti Surat pengalaman kerja, surat hasil kursus, piagam penghargaan dll
BACA JUGA  Tips - Tips Melakukan Perjalanan Wisata Di Akhir Pekan

Periksa Semua Berkas Yang Sudah Dirangkum

Periksalah kembali berkas – berkas yang sudah anda rangkum dalam file PDF agar tidak salah penulisan dan penempatan. Karena ini adalah final dan akan sangat fatal Jika anda salah sedikit saja. Perusahaan akan menganggap anda orang yang teledor dan akan menjadi peluang anda untuk diterima kerja berkurang.

Itulah cara mudah melamar pekerjaan melalui email dan anda pasti akan diterima kerja oleh perusahaan tempat anda melamar kerja. Tentunya jika perusahaan jelas – jelas butuh orang seperti anda. Dan Anda adalah kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Selamat mencoba. Semoga anda bisa bekerja ditempat sesuai passion yang anda miliki.

5 / 5. 2

Similar Posts