Home | Bisnis Sampingan Saat Pandemi Yang Mudah Dan Tidak Perlu Modal Besar

Bisnis Sampingan Saat Pandemi Yang Mudah Dan Tidak Perlu Modal Besar

Sudah hampir satu tahun pandemi covid – 19 melanda dunia. Seakan geliat ekonomi terhenti bahkan mati suri. Tetapi masih ada beberapa orang yang memutar otak dan mencari jalan bagaiamana agar dapur mereka tetap mengepul. Saat karyawan sudah mulai di rumahkan maka bisnis sampingan saat ini mulai marak di lakukan oleh para pekerja. Dan seperti apa bisnis sampingan saat pandemi yang mudah dan tidak perlu modal besar ?.

Saat karyawan atau pekerja diliburkan akibat dari pandemi virus corona. Maka bisnis online menjadi alternatif usaha bagi mereka yang tidak bisa keluar – keluar rumah untuk bekerja dan melakukan aktifitas. Alhasil toko – toko online mulai bermunculan. Bahkan saat pandemi ini, market place besar seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, lazada, dan Shopee merajai perdagangan online di Indonesia.

Lebih dari 10 juta user melakukan aktifitas jual beli di marketplace tersebut setiap hari. Tentu ini merupakan angin segar saat pandemi virus Corona yang melanda dunia.

Bisnis – bisnis sampingan pun mulai bermunculan. Dan sekitar 70 persen masyarakat di Indonesia melakukan bisnis sampingan secara online atau daring dengan menawarkan berbagai produk dan jasa miliknya.

Mereka menawarkan segala produk yang akan mereka jual melalui media sosial seperti Facebook dan instagram. Jika ingin lebih laku maka produk dan jasa dapat dijual melalui marketplace seperti tokopedia, Bukalapak, shopee dll. Produk yang anda jual jelas lebih terarah dan terfokus kepada audiens yang khusus membutuhkan barang anda. Karena di marketplace sudah ada filter khusus tentang apa yang anda jual, serta dapat menarget customer yang khusus membutuhkan barang anda.

Jualan online adalah alternatif utama bisnis sampingan saat pandemi covid – 19 melanda. Mengapa demikian ?. Karena jualan online ini mudah. Mudah dalam arti anda tidak dituntut untuk keluar rumah keliling door to door menawarkan dagangan anda agar laku terjual. Anda cukup diam di rumah. Berada di depan laptop atau gadget anda. Dan anda siap berjualan.

BACA JUGA :  Indonesia Akan Menghadapi Resesi Kuartal 3 September 2020 Ekonomi Akan Membaik 2021
Bisnis Sampingan Saat Pandemi Yang Mudah Dan Tidak Perlu Modal Besar

Barang – barang yang sudah anda kulak. Atau keahlian anda bisa anda tawarkan di internet. Melalui marketplace, sosial media, atau lebih profesional anda membuat website sendiri khusus untuk jualan atau jasa yang bisa anda pasang di dalam website yang anda bangun. Hingga menarik banyak pengunjung. Dan tentunya, produk anda akan laku terjual bahkan laris manis. Jika membuat website sendiri maka akan dibutuhkan sedikit biaya, karena anda harus membeli domain dan hosting kepada penyedia server yang banyak berpromosi di internet. Anda dapat mengatur template yang menarik dan mudah di akses. Mobile friendly, banyak post konten yang memberikan informasi masyarakat. Hingga website anda banyak pengunjung. Sehingga Produk Anda juga akan dilihat oleh banyak orang.

Selain mudah, bisnis online juga murah, jika anda tidak memiliki cukup dana untuk kulakan produk atau anda tidak memiliki keahlian dalam menawarkan jasa anda. Anda bisa berjualan dengan sistem konsinyasi. Yaitu anda seperti makelar yang menawarkan barang orang lain untuk anda jual lagi. Tentunya dengan harga yang lebih mahal agar anda bisa mengambil keuntungan.

Beri bonus – bonus yang bisa menarik pembeli terhadap barang yang anda jual seperti membebaskan ongkos kirim jika jarak pembeli dan anda tidak terlalu jauh. Atau anda akan memberikan diskon jika pembelian dilakukan dalam jumlah besar atau sesuai nominal yang anda inginkan. Tentunya pembeli akan mempertimbangkan untuk membeli barang anda.

Setali tiga uang, berjualan online akan menumbuhkan simbiosis mutualisme antar masyarakat. Mengapa ?. Karena jika tidak mau ribet dan anda memang tidak ahli dalam berjualan maka anda bisa menjadi kurir antar barang terhadap barang dagangan yang dijual masyarakat secara online. Dengan kendaraan yang anda miliki anda bisa menawarkan jasa antar barang dagangan kepada penjual untuk mengantarkan barang dagangannya kepada pembeli dan anda bisa memberi tarif ongkos kirim sesuai jarak pengiriman yang anda lakukan.

BACA JUGA :  Pasar Pagi Wonosobo 800 Pedagang Tumpah Ruah Menjajakan Dagangannya

Sistem ini biasa ditemukan di media – media sosial seperti facebook. Karena jika melalui marketplace biasanya sudah ada kurir – kurir resmi dari perusahaan jasa antar barang. Anda bisa menawarkan di Facebook bahwa anda adalah kurir terpercaya yang siap mengantarkan barang dagangan Kepada pembeli. Jika sulit memberi kepercayaan kepada penjual, anda bisa menalangi pembelian dengan memakai uang anda. Dan sesampainya barang kepada pembeli uang talangan anda akan diganti oleh penjual yang sudah anda talangi tadi.

Banyak bisnis – bisnis sampingan yang bisa anda lakukan di saat anda menjadi anak buah pak bos, yang telah meliburkan anda, dan entah kapan akan memasukkan anda untuk bekerja kembali.

Yang terpenting anda ada niatan untuk berusaha, dan ada tekad agar anda dan keluarga anda bisa tetap makan setiap hari. Maka Power yang terpendam di dalam diri anda akan keluar dan akan muncul ide – ide cemerlang yang membuat anda mahir dalam berbisnis dan berusaha.

Dan pasarextra.com dalam halaman khususnya telah menyediakan tempat untuk para masyarakat Indonesia dalam berjualan online. Anda dapat berjualan online dalam halaman EXTRA•MARKET yang telah disediakan. Tentunya anda harus login terlebih dahulu atau daftar melalui akun Google Anda. Akun google anda tidak akan tersiar oleh publik kecuali anda menginginkannya. Privasi anda akan terjamin. Sangat mudah dan tidak ribet. Tidak ada biaya alias gratis dan toko anda pun dapat di index google sangat SEO friendly. Anda login melalu tombol user di lingkaran popup paling atas. dan anda langsung dapat upload produk anda dengan meng klik lingkaran pop up pada gambar arah panah keatas tepat di atas lingkaran besar.

BACA JUGA :  Pengertian Pasar, Contoh dan Macam - Macamnya

Sebutkan nama produknya, harga, dan upload gambarnya lalu klik tulisan kirim di tombol pengaturan paling bawah sebelah kanan. Maka produk anda sudah terpampang di marketplace pasarextra.com.

Dalam halaman dasbor toko atau stand anda, anda dapat melihat laporan penjualan, pembelian, chat dengan pembeli, bertukar nomer whatshaap, melihat customer, melihat review dari pembeli dan notifikasi – notifikasi lain yang lengkap dan terpampang di atas header dan sidebar dasbor toko anda. Ada halaman keranjang, wishlist dan chekout.

Juga tersedia pula dua alternatif pengiriman yaitu dikirim langsung oleh penjual tentunya ongkos kirim bisa didiskusikan dengan pembeli. Atau pengiriman dilakukan oleh tim pasarextra.com. Dengan biaya pengiriman hanya 10 ribu rupiah saja khusus ke seluruh area Surabaya dan Sidoarjo. Tarif tetap tanpa dibatasi kilometer jadi jauh dekat ongkos kirim hanya 10 ribu saja, murah kan.

Jika pengiriman dilakukan oleh kurir dari pasarextra.com anda tinggal whatshaap kurir untuk mengambil barang anda. Lalu mengirimkannya kepada pembeli. Tim pasarextra.com juga bersedia menalangi uang pembelian yang akan dikirim kepada customer.

Mudah, hemat dan tidak ribet kan. Yuk coba berjualan di pasarextra.com di halaman EXTRA•MARKET produk anda akan laris manis karena disini tidak di batasi dengan durasi tampilan iklan produk yang anda jual, atau pun di Bebani biaya agar produk anda ada di top produk halaman utama. Seperti di marketplace atau iklan – iklan baris online yang sudah ada.