Asal Usul Tahu Sejarah Dan Bagaimana Ada Di Indonesia

Yuk, di share :
0
(0)

Tahu adalah jenis makanan yang sudah di kenal banyak orang di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke sudah mengenal apa itu tahu. Makanan yang biasanya di jadikan lauk pauk ini sudah ada sejak zaman dahulu. Mungkin kita tidak memperdulikan asal – usul tahu sejarah dan bagaimana ada di Indonesia ?. Di benak kita hanya berfikir saya akan belanja tahu untuk menu esok hari. Tetapi sangat penting bagi kita untuk melihat asal usul tahu agar kita bisa menghargai apa yang kita konsumsi sehari – hari.

Asal usul tahu sebenarnya dari Cina :

Tahu berasal dari Kedelai yang telah dihaluskan dan diambil sari – sari nya untuk diolah menjadi tahu. Tahukah sobat tahu sebenarnya bukan dari Indonesia, asal usul tahu pada awalnya berasal dari negeri tirai bambu yaitu negara Cina. Kata tahu berasal dari bahasa Cina / hokkian yang berkosa kata tauhu yang berarti kedelai yang difermentasi dan dipadatkan. Tetapi akhirnya di eja tahu oleh lidah orang Indonesia.Tahu di temukan oleh seorang bangsawan sekitar 200 tahun sebelum Masehi yang bernama Liu An cucu dari kaisar Han Gaozu yang bernama Liu Bang. Liu Bang sendiri adalah orang yang mendirikan dinasti Han. Itulah asal usul tahu yang dari cina dan bagaimana asal usul tahu dari Indonesia ?.

Asal Usul Tahu Dari Indonesia

Tahu dibawa oleh perantau orang Cina pada masa zaman kerajaan di Indonesia. Pada saat itu tahu dijadikan oleh – oleh para raja yang di berikan oleh orang – orang Tiongkok sebagai hadiah.

Asal – usul Tahu di Indonesia sudah mengalami berbagai jenis transformasi sehingga banyak macam – macam tahu yang telah diolah sesuai selera daerah masing – masing. Tetapi pada dasarnya asal usul tahu tetap dari negeri tirai bambu.

Seperti tahu Kediri yang terkenal warnanya yang kuning dan kesat. Juga ada tahu Sumedang yang terkenal padat dan kenyal dan yang booming saat ini adalah tahu susu dari Jombang yang telah difermentasi dengan susu kedelai yang enak dan lembut.

Asal usul tahu dan olahannya :

Sobat snackers jadi tahukan asal usul tahu itu berasal dan bagaimana ada di Indoensia. Banyak macam – macam olahan tahu yang sangat enak dan bergizi. Karena dari kedelai pastinya banyak mengandung protein. Jenis olahan tahu yang terkenal dan menyebar ke seluruh Indoenesia adalah tahu bulat atau tahu pong. Tahu bulat berasal dari bandung. Tahu berbentuk bulat dengan rasa yang gurih dan enak ini sudah sering kita jumpai di pasar – pasar.

Olahan tahu berikutnya adalah tahu krispi, tahu susu, tahu kuning, tahu bakso, tahu walik yang berasal dari Banyuwangi dan masih banyak lagi. Kreatifitas orang Indonesia untuk mengolah tahu menjadi berbagai macam rasa dan bentuk tidak akan ada habisnya dan terus akan berkembang. Itulah asal usul tahu sejarah dan bagaiman ada di Indonesia. Terima Kasih

0 / 5. 0