Home | Asal Usul Salad Dari Yunani Kuno Hingga Indonesia

Asal Usul Salad Dari Yunani Kuno Hingga Indonesia

Salad adalah jenis makanan yang digemari oleh semua kalangan dari anak – anak hingga dewasa. Tapi tahukah sobat snackers, salad sudah ada sejak zaman Romawi dan Yunani kuno. Inilah asal usul salad dari Yunani Kuno hingga Indonesia.

Salad dari bahasa latin pada zaman Yunani Kuno berasal dari kata sal yang berarti garam / memberi rasa pada makanan. Pada zaman dahulu yaitu masa Romawi dan Yunani Kuno sal ini berarti taburan, saus atau dressing diatas sayur – sayuran, buah atau apapun untuk memberi rasa enak atau nikmat dalam sebuah hidangan.

Lalu kata sal diserap dalam bahasa Perancis kuno dan menjadi salade. Lalu pada akhir abad 14 diserap kembali dalam bahasa Inggris menjadi kata salad atau sallet.

BACA JUGA :  Cara Membuat Tahu Padat Dan Kesat

Salad mulai berkembang di Amerika pada awal abad 19. Dan semakin populer di Amerika Serikat pada pertengahan abad 20 dimana pada masa itu orang Amerika memberikan taburan sayuran atau buah – buahan mereka dengan saus dressing, mayonise dan minyak zaitun.

Dan pada akhrinya makanan salad semakin populer di Dunia. Dimana setiap Negara memiliki variasi salad yang berbeda – beda. Begitu juga dengan di Indoensia.

Asal Usul Salad Dari Yunani Kuno Hingga Indonesia

Asal usul salad di Indonesia juga demikian. Di Mana orang – orang Indonesia membuat potongan – potongan buah dari berbagai macam buah seperti buah kiwi, kates, melon, apel, jeruk, buah naga dan lain – lain untuk di taburi saus dressing seperti mayonise dan parutan keju dan di beri nama salad buah. Ada juga sayuran yang bisa di buat salad seperti kubis, brokoli, seledri, sawi dan lain – lain untuk diberikan saus dressing seperti saus tomat atau kecap dan garam.

BACA JUGA :  Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Indonesia

Biasanya salad dijadikan makanan pembuka sebelum makan makanan berat Seperti Nasi.

Kesimpulan :

Jadi asal usul salad itu merupakan sebuah hidangan atau sebuah metode dalam menghidangkan makanan pembuka seperti buah atau sayur yang diberi saus dressing di atasnya seperti mayonise, minyak zaitun, saus tomat dll agar sebuah hidangan memiliki cita rasa yang enak untuk makanan pembuka sebelum makan makanan berat. Atau salad juga bisa di fungsikan untuk makanan diet bagi orang yang melakukan program diet.

BACA JUGA :  Pengertian Sereal Yang Berawal dari Kata Serealia Yang Berarti Biji Bijian

Itulah asal – usul salad dari Yunani Kuno hingga Indonesia yang merupakan makanan kegemaran anak mudah zaman sekarang. Selain menyehatkan salad juga banyak mengandung serat untuk memperlancar BAB. Selain itu juga kandungan gizi dari buah atau sayur seperti protein, vitamin, zat besi dan mineral membuat salad jadi program diet yang bisa menyehatkan badan. Terima Kasih.